INDAHNYA MUSIM GUGUR DI JEPANG

            Musim gugur tahun 2011 ini merupakan musim gugur kedua saya di Jepang (Kawasaki,YokohamadanTokyoarea ). Musim gugur tahun lalu rasanya saya lewatkan begitu saja. Tidak seperti ketika saya menghadapi awal musim semi yang ditandai dengan bermekaran sakura dimana saya begitu antusias di dalam menyambutnya. Tapi musim gugur kedua ini cukup berbeda. Mungkin karena saat ini keluarga telah ada bersama saya sehingga saya juga jadi lebih perhatian dengan suasan musim gugur.

Keindahan Jepang di musim gugur sebenarnya telah saya dengar sejak awal kedatangan saya di Jepang dua tahun lalu. Dari sebuah tulisan di internet yang saya baca, saya dapatkan informasi bahwa musim gugur kadang disebut dengan musim semi kedua. Hal ini disebabkan karena indahnya daun-daun yang mengalami perubahan warna. Keindahan tersebut ternyata baru bisa saya rasakan dan nikmati di tahun ini. Ternyata benar, bahwa suasana musim gugur tak kalah indahnya dengan masa sakura. Kalau pada musim semi yang berlomba menampilkan warna adalah bunga, sedangkan di musim gugur, giliran dedaunan yang berpacu menampilkan keapikannya.

Momiji adalah pohon yang sangat terkenal di musim gugur. Perubahan warna daun dari hijau menjadi merah sebelum jatuh berguguran secara hampir bersamaan, membuat momiji menjadi salah satu icon penting di musim ini. Suatu ketika saya bertanya pada volunteer bahasa Jepang tentang spot yang bagus untuk menikmati momiji diTokyoarea. Tetapi mereka bilang bahwa perubahan warna momiji akan terlihat sangat indah di daerah-daerah yang perbedaan suhu antara musim panas dan dinginnya sangat kontras dan itu tidak diTokyoarea. Hal ini membuat saya terpaksa menunda keinginan untuk menikmati keindahan momiji sampai suatu ketika saya bija pergi ke daerah-daerah yang dimaksud. Tapi ini bukan berarti saya tidak bisa melihat perubahan warna daun momiji, karena di sekitar rumah saya pun cukup banyak terdapat pohon momiji.

Gingko adalah pohon lain yang juga sering disebut di musim gugur. Dan pohon ini sangat banyak terdapat diTokyoarea. Pohon ini banyak digunakan sebagai pohon pelindung seperti di sepanjang tepi jalan raya. Di kawasan kampus, perkantoran dan sebagainya. Jadilah di musim gugur tahun ini saya beserta keluarga berburu tempat yang asik untuk menikmati keelokan perubahan warna pohon tersebut di musim yang oleh orang Jepang disebut AKI. Salah satu tempat terdekat dari kediaman saya yang pernah saya tahu memiliki pemandangan pohon gingko yang bagus adalah kampus Universitas Tokyo. Kebetulan dari hasil penelusuran di GOOGLE ternyata mendukung berita tersebut. Jadilah pada hari minggu tanggal 26 November yang lalu saya sekeluarga beserta keluarga seorang teman, meluncur kesana, tapi sayang ternyata perubahan warna gingko belum mencapai puncaknya sehingga keinginan untuk menikmati indahnya gingko di musim gugur belum terpuaskan.

Dari volunteer bahasa Jepang, saya dapatkan kabar bahwa diKeioUniversityyang lokasinya cukup dekat dengan rumah saya, pemandangan gingko sangat bagus. Karena takut terlewatkan, maka pada hari minggu 4 Desember kemarin, saya dan keluarga pergi ke kampus tersebut dan ternyata memang, perubahan warna daun pohon gingko sepertinya sedang berada di puncaknya. Pohon-pohon gingko yang ada disanaberusia tua dan besar. Sebagian dedaunan yang telah berubah warna dari hijau ke kuning telah berguguran yang membuat permadani daun gingko di atas tanah tempat pohon-pohon tersebut tumbuh. Perkiraan saya dalam beberapa hari ke depan, hamparan permadani daun gingko tersebut akan semakin meluas dan menebal. Sungguh pemandangan yang membuat saya takjub.

10 Tanggapan to “INDAHNYA MUSIM GUGUR DI JEPANG”

  1. salam kenal :)
    saya berniat ingin backpacker ke jepang sekitar awal bulan oktober 2012. daerah mana ya yang kira-kira momiji tengah berada pada puncaknya?

    • welcome to japan yaa. Yang saya tahu saat itu belum saatnya momiji berubah warna di Jepang. Udaranya sangat bersahabat jika kita ingin melakukan perjalanan. Jangan lupa yaa untuk memanfaatkan berbagai macam discount ticket yang ditawarkan sarana transportasi yang ada di Jepang agar lebih meriah. Tks for visiting my blog

  2. Salam kenal dari Chiba

  3. haloo saya rencanany september 10-19 akan ke jepang, kira2 lagi musim apa ya?apakah sy harus membawa baju hangat?
    ada tips tempat yang dikunjungi?
    makasih banyak loooh :)

    • Saya yakin saat itu akan menjadi masa yang menyenangkan. September merupakan masa-masa awal musim gugur dimana suhu udara sudah mulai turun dibandingkan Agustus yang merupakan suhu tertinggi di musim panas. Kisaran suhu kira-kira 22 – 27 derajat celcius. Jadi menurut hemat saya, tidak perlu membawa baju hangat. Tapi untuk jaga-jaga ada baiknya juga membawa satu jaket yang tidak perlu tebal, karena biasanya pada pergantian musim ini sering banyak angin kencang yang bisa membuat tubuh merasa kedinginan juga. Ke Jepang nya kemana dulu? Yang jelas begitu banyak tempat-tempat yang menarik di seluruh penjuru Jepang. Karena saya lebih familiar dengan daerah Tokyo dan Yokohama, maka kedua kota tersebut adalah tempat yang sangat-sangat layak untuk dijelajahi. Tokyo sebagai kota terbesar di Jepang sedangkan Yokohama merupakan kota ketiga terbesar. Letak kedua nya bersebelahan seperti jabodetabeknya Indonesia. Oh yaa, jangan lupa memanfaatkan tiket-tiket hemat yang ada di Jepang. Silahkan baca blog saya yang lain untuk alternatif referensi atau http://www.jreast.co.jp/e/, atau yang lainnya. Pokoknya banyak cara berwisata hemat di Jepang. Kereta dan bus biasanya punya tiket terusan sehari penuh atau jenis tiket lain. Kalau ada yang mau ditanyakan lagi ke saya, silahkan. Saya sangat senang sekali bisa membantu.

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

