SUKA DUKA HIDUP DI NEGERI SAKURA ( bagian 4 ) Aparat Pemerintahnya Memberikan Pelayanan dengan Cepat, Tepat dan Ramah

          Sedih rasanya kalau mengingat kalimat yang menjadi buah bibir di tengah masyarakat kita ( Indonesia ) sehubungan dengan cara aparat pemerintah kita dalam memberi pelayanan kepada masyarakat. Barang kali sebagian besar dari kita tahu dengan kalimat seperti berikut ” Kalau bisa dipersulit, kenapa harus dipermudah ; atau kalau bisa diperlama kenapa harus dipercepat “.Hal seperti ini barang kali tidak bisa kita temui di Tokyo metro.

         Pengalaman pertama saya yaitu ketika membuat KTP ( alien registration ) di Nakahara ward office ( mungkin seperti kecamatannya Indonesia ). Pertama kali masuk kita harus mengambil nomor antrian Mungkin sama seperti di Indonesia di mana masing-masing keperluan sudah ditentukan tempat/ bagiannya. Kami disambut oleh petugas dengan sapaan yang ramah dan hangat. Keperluan kita dilayani dengan cepat dan gesit. Bahkan saya perhatikan petugas office tersebut sering berlari-lari kecil untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain agar pekerjaan/ pelayanannya dapat diselesaikan dengan segera. Setelah proses pengurusan awal selesai, petugas tersebut lalu memberikan surat tanda pengambilan dokumen kepada kami. Dalam surat tersebut diinformasikan tanggal dimana kami dapat mengambilnya nanti. Kepastian seperti ini barang kali yang sangat penting ketika kita melakukan pengurusan sesuatu.

             Pengalaman kedua ketika saya ingin melakukan konsultasi di Kawasaki International Centre tentang hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan hidup sehari-hari di Jepang bagi orang asing. Lagi-lagi kami ( saya dengan seorang teman ) dilayani dengan penuh kehangatan dan keramahan. Konsultasi tersebut tanpa dipungut biaya alias gratis, tiss,tiss. Mana tempatnya bagus lagi. Pengalaman serupa juga disampaikan oleh teman-teman saya yang sudah lebih dulu sampai di Jepang. Pada umumnya mereka sangat terkesan dengan pelayanan yang mereka terima.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: