JEPANG、 NEGERI SEJUTA STASIUN

Ada gula ada semut, ada kereta api tentu ada stasiun. Kalau kita ingin Berfoto-foto dengan latar belakang stasiun yang apik, maka saya sangat merekomendasikannya untuk berfoto di Jepang. Kenapa? Karena memang di Jepang gudangnya stasiun-stasiun yang memenuhi kriteria tersebut. Tidak sulit bagi kita mencari stasiun sekaliber stasiun gambir  Jakarta di Jepang.

              Stasiun menjadi salah satu tempat yang paling sibuk di Jepang. Stasiun juga menjadi pusat bisnis. Pusat-pusat perbelanjaan seperti pertokoan konvensional atau pasar modern banyak berdiri di daerah sekitar stasiun demikian pula dengan pusat pelayanan masyarakat milik pemerintah. Bahkan di dalam stasiun-stasiun yang menjadi tempat transit antar line alias stasiun besar, terdapat toko-toko yang menjajakan barangnya. Hampir semua pusat belanja yang pernah saya kunjungi berada di sekitar stasiun. Stasiun menjadi tempat yang paling banyak dilalui oleh masyarakat. Bahkan ada stasiun yang dikunjungi oleh penumpang sebanyak 2 juta orang rata-rata perhari. Jam operasional stasiun umumnya sampai jam 01 dini hari.

              Stasiun dirancang sedemikian rupa sehingga enak untuk disinggahi. Papan-papan informasi berkenaan dengan kereta api banyak terpasang di beberapa tempat. Iklan-iklan dari perusahaan bisnis ikut menghiasi interior stasiun. Penerangan sangat baik. Petugas yang ada memberikan pelayanan dengan ramah dan cekatan. Jika kita butuh informasi, tidak perlu sungkan untuk bertanya. Sistem penjualan tiket dilayani dengan mesin yang terdapat pada setiap pintu masuk. Berkenaan dengan pintu masuk, perlu diingat jika kita ingin bepergian dengan melewati stasiun, ingat juga nama pintu keluarnya. Barat, Timur, utara atau selatan agar tidak bingung nantinya. Pokoknya Jepang memang negara sejuta stasiun.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: