JEPANG、NEGERI SEJUTA KERETA  API

Kalau pemerintah kita ingin melakukan studi banding berkaitan dengan mode transportasi massa yaitu kereta api, maka tempat yang paling tepat untuk dikunjungi adalah Jepang. Masyarakat Jepang tanpa kereta api ibarat makan pempek tanpa cukanya. Yaa, Jepang tidak bisa dipisahkan dari benda yang namanya kereta api. Kereta api menjadi sarana transportasi massa yang paling utama di Jepang. Jutaan warga dipindahkannya dari satu tempat ke tempat lainnya. Dari rumah ke kantor dan sebaliknya.

Beberapa tipe kereta api tersedia di Jepang, semuanya masuk kriteria sangat layak jalan dan sangat nyaman untuk ditumpangi. Kereta api lokal biasanya berhenti di setiap setasiun sedangkan kereta api ekspress hanya berhenti pada stasiun-stasiun besar tempat transit antar line. Jadi hati-hati memilih kereta api jangan sampai kita tidak bisa turun di setasiun yang kita tuju. Untuk transportasi dalam kota ada kereta api listrik biasa. Untuk transportasi dengan jarak tempuh yang jauh bisa menggunakan jenis kereta api yang sangat terkenal dengan kecepatannya yang tinggi yakni Sinkansen. Kecepatannya bisa mencapai kira-kira berkisar antara 330 – 350 km/ jam ). Jadi jarak Jakarta Bandung bisa ditempuh dalam waktu setengah jam. ( Doakan yaa agar saya diberikan kesempatan untuk mencoba bepergian menggunakan kereta super cepat tersebut, kalau ngelihatnya sudah beberapa kali, kayak pesawat yang super besar ).

Kondisi dalam semua kereta yang pernah saya tumpangi sangat nyaman. Keretanya bersih dan empuk. Kalau pada jam-jam sibuk ( jam berangkat kerja atau sekolah ), maka sulit bagi kita untuk bisa duduk karena saking banyaknya penumpang. Tapi akan tetap terasa nyaman. Dijamin kita tidak akan menjumpai manusia-manusia yang senangya berjokol di atas  kereta seperti kereta Jakarta Depok. Jadwal keberangkatan dan kedatangan di atur sedemikian rupa dan dijamin tepat sesuai jadwal. Jepang memang negara sejuta kereta api

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: