JEPANG NEGERI SEJUTA PEJALAN KAKI

          Jika kepada saya ditanyakan pertanyaan seperti ini ”Bangsa mana yang paling benyak menempuh perjalanan dengan mengunakan kaki di daerah perkotaan? “. Maka saya akan menjawabnya dengan tanpa ragu “ bangsa Jepang “. Dari apa yang sering saya lihat selama beberapa waktu tinggal di salah satu wilayah di negara Jepang, masyarakatnya sangat sering melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain dengan berjalan kaki. Kalau kita melihat iklan pada agen-agen penyewaan apartemen, salah satu informasi yang mereka cantumkan di dalam brosur tersebut adalah berapa lama jarak yang ditempuh dari apartemen ke stasiun terdekat dengan berjalan kaki.

          Dari rumah menuju stasiun jika jarak tempuhnya masih bisa ditempuh dengan berjalan kaki, sepertinya orang Jepang akan menempuhnya dengan jalan kaki. Jika cukup jauh, maka mungkin mereka akan menggunakan sepeda. Jika lebih jauh lagi baru mereka akan menggunakan bis. Pernah saya coba mengikuti beberapa orang Jepang yang ingin pergi ke tempat kerjanya di pagi hari, dan ada sebagian dari mereka yang melakukan jalan kaki selama 10 menitan untuk menuju stasiun kereta api. Jarak antara apartemen saya dengan stasiun terdekat kira-kira tujuh menit dengan jalan kaki. Dan sangat banyak masyarakat Jepang yang saya lihat datang dari tempat yang lebih jauh dari saya untuk menuju stasiun yang sama.

          Berjalan kaki dilakukan oleh semua kalangan. Tua, muda, anak-anak, cantik, ganteng, dari mereka yang bertampang seperti orang biasa sampai yang berpenampilan mirip manager juga senang berjalan kaki. Cara jalan mereka sangat cepat, mirip seperti saya melakukan joging di pagi hari. Cara mereka berjalan seperti orang yang sedang bergegas. Barang kali aktivitas jalan kaki ini yang membuat saya agak sulit menemukan orang Jepang yang memiliki penampilan seperti orang obesitas atau overweight. Umumnya orang yang saya temui di sepanjang perjalanan dari rumah ke kampus atau ke tempat lain memiliki bentuk badan yang ramping, padat dan berisi. Saya kira jumlah orang yang saya perhatikan tidak sedikit karena waktu tempuh saya setiap hari dari apartemen ke kampus satu kali perjalanan kira-kira 45 menit, dua kali transit dengan menggunakan tiga kereta api yang berbeda. Satu kereta api bisa terdiri dari lebih dari 10 gerbong. Jadi saya berani mengatakan bahwa Jepang adalah negeri dengan sejuta pejalan kaki.

5 Tanggapan to “JEPANG NEGERI SEJUTA PEJALAN KAKI”

  1. percaya deh…

  2. wah seneng rasanya mengetahui nyata aktivitas orang jepang
    mudah2an satu saat saya bisa mengetahuinya juga
    karna saya cinta jepang
    hahaahahaha

  3. bagaimana dengan Indonesia?
    negara di mana para pejalan kakinya merasa minder oleh kendaraan bermotor yang terus menyemprotkan asap polusi…
    ckckckck

    • Yaa benar, saya termasuk orang yang terkadang merasakan perasaan minder kalau jalan kaki di Jakarta. Perasaan yang tidak pernah saya alami selama di Jepang. Tks atas kunjungannya

Tinggalkan Balasan

