BELAJAR BAHASA JEPANG GRATIS LANGSUNG DI NEGERI SAKURA

Ketika kita berniat tinggal di Jepang untuk waktu yang cukup lama, ada baiknya jika kita meluangkan waktu untuk belajar bahasa Jepang. Ada kalimat yang mengatakan ” kalau kita berbicara menggunakan bahasa Inggris hanya 30% orang akan mengerti kita, tapi jika bahasa Jepang yang kita gunakan 99% akan memahami kita ”.

Untuk belajar bahasa Jepang, tentu saja bisa dilakukan di tempat-tempat kursus bahasa Jepang, tapi untuk belajar di tempat ini tentu saja kita harus menyediakan anggaran khusus untuk membayar uang bulanan atau semesterannya. Tapi jika kita ingin belajar bahasa Jepang dengan gratis, ada tempat yang menyelenggara proses belajar seperti ini. Ketika kita hendak melakukan registrasi kependudukan di ward office ( setara dengan kantor kecamatan di Indonesia ), ada baiknya kita juga menanyakan apakah mereka juga menyelenggarakan kelas bahasa Jepang bagi pendatang asing. Tapi biasanya tanpa kita tanyapun mereka akan menginformasikannya kepada kita.

Pengalaman saya ketika melakukan pengurusan  registrasi KTP ( alien registration ) di Nakahara ward office ( salah satu wilayah di kota kawasaki ), petugas yang melayani kami juga memberikan informasi dan sebuah brosur yang berisi informasi tentang kelas bahasa Jepang yang mereka selenggarakan. Kelas bahasa tersebut dilaksanakan 2 hari dalam seminggu yakni pada hari Selasa pagi dan malam serta Jum’at malam. Sistem belajar privat atau semi privat tergantung pada level kemampuan kita. Saya sudah beberapa kali mengikuti kelas ini dan merasa bahwa kelas ini sangat bermanfaat. Pengajarnya kebanyakan sudah berusia di atas 50 tahun. Dari brosur yang saya terima, kelas bahasa Jepang ini juga diselenggarakan di semua ward office yang ada di kota kawasaki. Sekali sebulan di adakan kegiatan masak memasak dengan sistem iuran bagi rata ( biaya yang terpakai untuk membeli bahan dibagi rata dengan semua peserta yang hadir termasuk sensainya ). Jadi jangan lewatkan kesempatan belajar bahasa Jepang ( Nihon go ) langsung dari penutur aslinya )。Tersedia penitipan anak selama belajar dengan hanya membayar 700 yen ( 70 ribu rupiah ) per tahun. Murah kan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: