BAGIAN KECIL DARI KECANGGIHAN JEPANG

1.    Kalau ingin memfotokopi dokumen, lakukan sendiri

Berbeda dengan di Indonesia dimana ketika kita ingin memfotokopi dokumen, kita tinggal menyerahkan dokumen tersebut ke petugas atau pemilik usaha fotokopi , lalu kita tinggal menunggu hasilnya terus membayarnya. Di Tokyo kita melakukan fotokopi sendiri pada mesin fotokopi yang tersedia. Petunjuk penggunaan mesin sudah disediakan. Kita tinggal memasukkan uang/ biaya fotokopi ke tempat yang sudah disediakan, melakukan fotokopi sendiri sesuai dengan kebutuhan tanpa ada petugas khusus yang membantu. Jika menemukan kesulitan tentu saja ada pemilik mesin atau petugas yang bisa ditanya. Harga satu lembar fotokopi rata-rata 10 yen ( Rp 1.000 ) / lembar kertas A4. Jika uang masih bersisa, maka secara otomatis mesin akan mengembalikannya. Canggih kannnnnn?

2.    Warung kaki lima minuman dan rokok tidak perlu dijaga.

Di banyak sudut atau sisi jalan, mudah dijumpai counter-counter atau box-box yang menjajakan minuman atau rokok. Berbeda dengan di Indonesia yang setiap counter ini dijaga oleh pemiliknya ( warung kaki lima ), maka di Tokyo tidak demikian. Semuanya sudah diprogram. Jika kita ingin membeli satu jenis minuman atau rokok misalnya, kita cukup memasukkan uang ketempat yang sudah disiapkan sesuai dengan harga yang tertera pada item yang akan kita beli, lalu pilih item yang diingingkan tersebut dengan cara menekan tombolnya, maka minuman atau rokok yang menjadli favorit kita tersebut akan keluar dari box tersebut. Kita tinggal ambil dan menikmatinya. Kalau masih ada kembalian uangnya, mesin akan mengembalikannya untuk kita.

8 Tanggapan to “BAGIAN KECIL DARI KECANGGIHAN JEPANG”

  1. di Indonesia kebudayaan nya berbeda mau nya di layanin seperti raja, kalau sistem seperti itu di implementasikan di indonesia yang ada pencurian yg meraja lela….

  2. wah kalo di indonesia seperti itu,.. para maling panen besar dong……

  3. wah…. kapan indonesia bisa begitu ya…blink blink…. mungkinkah…

    hi… salam kenal…. its my first comment on your blog… nice blog…:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: