ENAKNNYA JALAN PAGI DI JEPANG ( NAKAHARA-KU, KAWASAKI-SHI )

Memulai pagi dengan berjogging terasa sangat menyegarkan. Kebiasaan jogging secara rutin ini terus terang baru mulai saya lakukan ketika berada di Jepang ini. Ada beberapa alasan kenapa hal ini saya lakukan :

  1. Polusi udara di sini sangat rendah. Data pastinya saya beluh tahu, tapi dengan melihat kepadatan lalu lintas yang ditandai dengan sedikitnya kendaraan bermotor berlalu lalang, saya cukup berani mengambil kesimpulan bahwa udaranya memang sangat segar.
  2. Kotanya sangat bersih. Kalau kota ini diikutkan pada perebutan piala adipura di Indonesia, maka piala tersebut tidak akan pernah lepas dari pangkuan kota ini. Jalan-jalannya bagus dan bersih. Tidak ada aspal yang bolong. Tempat pedestariannya nyaman alias tidak terpakai oleh pedagang kaki lima sehingga enak untuk dijelajahi.
  3. Berhubunga saat ini sedang musim dingin ( winter season ), maka udaranya tidak gerah bahkan cendrung dingin atau sangat dingin. Dengan melakukan jogging, saya bisa mengatasi rasa dingin ini yang disebabkan karena meningkatnya aliran darah di seluruh tubuh. Kalau tidak melakukan jogging, maka yang paling enak dilakukan di kamar tentunya menutupi seluruh tubuh dengan selimut rapat-rapat guna meminimalisir rasa dingin.
  4. Timbulnya kesadaran bahwa mahalnya harga sebuah kesehatan. Olah raga adalah suatu kebutuhan yang dilakukan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Dengan melaksanakan jogging pagi ini saya sangat berharap agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Apalagi saat ini saya hidup jauh di negeri orang, jauh dari keluarga.
  5. Dengan jogging ini saya juga bisa melihat-lihat suasana lingkungan sekeliling. Saya jadi lebih banyak tahu tentang kota ini.

2 Tanggapan to “ENAKNNYA JALAN PAGI DI JEPANG ( NAKAHARA-KU, KAWASAKI-SHI )”

  1. sama di munich jerman, udara tidak terkontaminasi

Tinggalkan Balasan

