RUANG KERJA PROFESOR PEMBIMBINGKU

Selama menjalankan masa studi di Tokyo ini, saya dibimbing oleh seorang profesor. Orangnya sangat ramah dan baik serta seperti orang Jepang pada umumnya juga gesit. Profesor ini membawahi laboratorium tempat saya melaksanakan penelitian. Barang kali karena mahalnya harga tanah dan properti di Jepang, maka tidak seperti kampus-kampus yang pernah saya lihat di Indonesia, ruangan laboratorium di kampus saya memiliki ukuran yang jauh lebih kecil di bandingkan dengan yang ada di Indonesia. Ukurannya kecil tapi fasilitas yang ada di dalamnya sangat lengkap. Instrumen laboratorium ditempatkan pada rak-rak yang sengaja di rancang guna memaksimalkan pemanfaat ruangan yang luasnya terbatas. Maka tidak heran jika beberapa instrumen HPLC misalnya disusun secara bertingkat. Di dalam laboratorium ini juga disediakan alat-alat kantor yang diperlukan guna memudahkan peneliti seperti printer, mesin fotokopi dan tentu saja beberapa komputer ( tersambung ke internet ) yang diperuntukkan kepada masing-masing peneliti yang bekerja di dalamnya.

Ruang kerja profesor saya berada di lantai yang berbeda. Sama seperti laboratorium tadi, ruangannya juga tidak luas kira-kira berukuran 3 x 3 atau 3,5 meter.  Ruangannya dipenuhi dengan buku-buku referensi tentunya yang identik dengan seorang profesor yang banyak ilmunya. Buku-buku tersebut tersusun di rak-rak yang terpasang di dinding ruangan. Ada juga meja kerjanya yang dilengkapi dengan seperangkat komputer. Antara meja kerja dan ruang tamu dibatasi oleh sekat tipis kira2 setingga leher. Di ruang tamu tentunya terdapat meja dan beberapa buah kursi. Sangat efisien kalau tidak boleh mengatakannya sempit. Di ruangan tamu tadi terdapat 2 mesin fotokopi dan printer yang dapat digunakan oleh profesor setiap saat. Yaa sepertinya di sini segala sesuatu dikerjakan sendiri, baik untuk memprint dokumen, memfotokopi dan sebagainya.

Yang namanya profesor, tentunya pembimbing saya ini orangnya pintar. Kepintarannya tersebut  tergambar saat berbicara dengannya. Pengetahuanya sangat luas. Dia selalu mengatakan kepada saya dan teman satu bimbingan untuk menyampaikan kepadanya jika kami menemukan kesulitan. Yaa semoga saya bisa belajar banyak dari profesor pembimbing ini dan bisa dengan cepat menyelesaikan studi. Dan yang tidak kalah pentingnya semoga saya juga cepat menjadi profesor. Profesor yang bisa mempertanggungjawabkan gelar yang disandanya.

2 Tanggapan to “RUANG KERJA PROFESOR PEMBIMBINGKU”

  1. semoga cita2 bapak menjadi profesor terwujud

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: