SEMOGA KEBENARAN BERDIRI TEGAK DI BUMI INDONESIA

Kasus bail out bank centuri telah menyita banyak perhatian masyarakat Indonesia. Kasus ini menyebabkan Dewan Perwakilan Rakyat membentuk panitia khusus atau Pansus untuk menyelidikinya. Dibentuknya pansus ini bertujuan untuk menemukan penyimpangan-penyimpangan yang terjadi selama proses bail out. Besarnya nominal yang dikelurkan pemerintah untuk menyelamatkan negara dari apa yang disebut pemerintah sebagai krisis telah melukai rasa keadilan masyarakat. Nilai 6,7 trilyun rupiah adalah jumlah yang sangat besar bagi masyarakat Indonesia yang sebagian besar masih hidup di bawah garis kemiskinan. Kini seteah kurang lebih selama dua bulan melakukan tugasnya, pansus DPR tersebut akan sampai pada akhir tugasnya. Pandangan akhir setiap fraksi telah dibacakan. Pandangan ini menyebabkan timbulnya dua pendapat yang bertolak belakang antara fraksi-fraksi tersebut.

Sebagai orang awam yang tidak mengerti secara detail persoalan tersebut, saya mencoba memberikan komentar, komentar sebagai salah seorang warga masyarakat Indonesia. Kalau ada dua pendapat yang bertolak belakang, maka kebenaran tentunya ada pada  salah satu dari kedua pendapat tersebut. Seperti yang saya ungkapkan sebelumnya, saya tidak berani menilai mana yang benar diantara keduanya. Ketidakberanian ini disebabkan karena saya tidak memiliki informasi yang paripurna terhadap kasus bail out centuri ini. Oleh karena itu saya berharap kepada wakil rakyat terutama anggota pansus yang telah diberi tugas untuk menggali secara komprehensif kasus ini, agar bisa mengatakan kebenaran secara jujur. Katakanlah yang benar itu benar sekalipun pahit akibatnya. Sebutkanlah mana yang salah secara gamblang guna mencegah keburukan nantinya. Karena saya sudah memiliki wakil di DPR sesuai dengan yang saya coblos waktu pemilihan legislatif terdahulu, tentunya saya cenderung menyetujui pendapat dari fraksi yang mewakili suara saya tersebut. Saya berharap kepercayaan yang saya berikan melalui suara yang saya berikan ketika memilihnya tidak disia-siakan.

Hari ini DPR akan menyelesaikan pelaksanaan sidang paripurnanya yang telah dimulai sejak kemarin. Untuk itu kembali saya berdoa agar mata hati anggota dewan dibukakan oleh Allah SWT untuk berani mengungkapkan kebenaran tanpa takut akan dampaknya. Sebagai warga negara Indonesia, saya sangat ingin menyaksikan kebenaran berdiri tegak di bumi pertiwi ini karena hanya kebenaranlah yang bisa membawa bangsa kita ke arah kemajuan. Kebenaranlah yang akan mempercepat bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa-bangsa lain yang sudah lebih dulu maju. Kebenaran jualah yang akan mendatangkan kemakmuran bagi rakyat Indonesia. Majulah bangsaku, tegaklah kebenaran di bumi pertiwiku.

Tinggalkan Balasan

