SAKURA SUDAH MULAI BERMEKARAN, IS IT TRUE?

Ketika mengikuti kelas bahasa Jepang dua minggu yang lalu ( minggu terakhir Februari ), sensai yang membimbing kami  sempat membicarakan tentang bunga sakura. Dia menunjukkan peta/ atlas yang di dalamnya terdapat lokasi-lokasi yang menurutnya banyak ditumbuhi bunga sakura. Hal ini tentu saja menarik bagi saya karena sejak awal saya memang sangat ingin menyaksikan bunga yang begitu terkenal dan fenomenal ini. Dari peta tersebut saya ketahui bahwa ternyata di sekitar tempat tinggal saya banyak terdapat pohon sakura. Hal ini tidak saya ketahui selama ini karena memang saya tiba di Jepang saat musim dingin dimana pohon-pohon sudah kehilangan daun dan bunganya dan yang tertinggal hanya dahan dan rantingnya. Sensai juga menginformasikan bahwa pohon-pohon sakura tersebut banyak ditanam di sepanjang pinggiran kali. Penjelasannya ini diperkuat dengan peta tadi dimana terdapat pohon2 bewarna ping yang tumbuh di sepanjang kali tadi. Dan yang membuat saya lebih interest lagi adalah bahwa ternyata kali yang ada dalam peta tersebut adalah lokasi yang sangat sering saya lewati ketika melakukan jogging di pagi hari. Saya tidak menyadarinya selama ini karena memang pada saat-saat tersebut pepohonan yang saya lihat hanya berupa pepohonan yang tinggal dahan dan ranting saja.

Ada informasi lain yang juga saya peroleh di kelas tersebut. Salah seorang teman belajar saya yang orang Pakistan  sempat berkata bahwa saat itu beberapa bunga sakura sudah bermekaran. Informasi tersebut tentu saja membuat saya agak bertanya-tanya. Pertanyaan ini muncul karena menurut informasi yang saya dapatkan sebelumnya, bunga sakura akan bermekaran pada musim semi yang  dimulai pada bulan April. Sementara saat itu masih minggu terakhir bulan Februari. Karena penasaran maka keesokan harinya saya berniat untuk melihat bunga sakura tersebut. Dan ternyata memang ada beberapa pohon sakura yang sudah mulai dihiasi oleh bunga-bunga bewarna dominan ping. Jumlah pohon yang berbunga memang masih sangat sedikit.

Beberapa hari lalu dan pagi ini saya kembali menyempatkan diri untuk melihat pohon sakura. Kalau dua minggu lalu sudah ada yang berbunga tentunya saat ini lebih banyak lagi pohon sakura yang sudah berbunga. Dan ternyata dugaan saya benar. Pohon sakura yang sudah berbunga sudah lebih banyak tapi masih kalah banyak dibandingkan pohon yang belum berbunga. Namanya baru melihat hal-hal yang indah tentu saja momen tersebut tidak lupa saya abadikan dalam bentuk foto dalam hand phone saya. Saya berkesimpulan bahwa bunga sakura sudah mulai bermekaran pada akhir-akhir Februari dan akan mencapai puncaknya pada bulan April. Rasanya saya sudah tidak sabar menanti bulan April yang sebenarnya hanya tinggal menghitung hari.  Ya Tuhan terima kasih kuucapkan pada-Mu karena Engkau telah memberi kesempatan pada hamba untuk kembali menyaksikan salah satu ciptaan-Mu yang sangat sangat indah.

Tinggalkan Balasan

