ANGGOTA DPR JUGA MANUSIA

Beberapa bulan atau mungkin beberapa tahun yang lalu ada sebuah lagu yang cukup terkenal yang dinyanyikan oleh grup band SERIUS. Lagu tersebut berjudul “ rocker juga manusia” yang punya rasa dan punya hati. Tapi bukan hal tersebut yang ingin saya tulis pada kesempatan kali ini. Saya teringat lagu ini manakala saya menyaksikan sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat ( DPR ) berkenaan dengan kasus Bail Out Century dua hari yang lalu. Ada peristiwa-peristiwa dalam sidang tersebut yang ternyata tidak hanya menarik perhatian saya tetapi juga media massa. Tadi malam ketika saya menonton siaran Metro TV melalui internet, televisi tersebut juga sempat menayangkan hal yang saya maksudkan.

Kejadian-kejadian itu sebenarnya bukanlah merupakan bagian penting dalam sidang paripurna tersebut. Barang kali lebih tepat disebut sebagai bumbu-bumbu atau pernak-pernik persidangan. Hal tersebut yakni munculnya celetukan-celetukan yang mungkin bisa disebut lucu, menggelikan atau apapunlah sebutannya, tetapi cukup membuat saya merasa geli dan tersenyum-senyum sendiri. Beberapa celetukan yang sempat saya tangkap yakni sebagai berikut :

  • Ketika juru bicara gerinda akan menyebutkan opsi pilihan fraksinya ada suara yang mendahului “  A  “ padahal ternyata opsi yang disebutkan gerindra adalah C. Sedangkan setelah Jubir ini selesai membacakan opsinya ada celetukan lagi yang mengatakan dengan santainya ( mungkin tidak sama persis tapi intinya sama“ Wah gak jadi nih posisi menteri pertanian “ ;
  • Saat  juru bicara fraksi PAN selesai membacakan opsi pilihan fraksinya yang tidak memilih diantara kedua opsi A dan C, ada celetukan lagi “ kalau tidak opsi A dan C berarti B. B sama dengan banci “
  • Giliran  juru bicara fraksi PKS akan membacakan opsi pilihannya ada celetukan begini “ wah biasanya PKS minta waktu untuk sholat dulu nih “
  • Dan beberapa celetukan-celetukan lain yang tidak saya sampaikan di sini.

Saya jadi berfikir bahwa ternyata sidang-sidang yang dilaksanakan oleh DPR tidak selalu berlangsung dalam suasana yang serius, tapi juga ada nuansa-nuansa lain yang terjadi. Walaupun persoalan yang sedang mereka bahas adalah persoalan yang menurut ukuran publik sangat serius dan menyita perhatian, ternyata celetukan-celetukan menggelikan sering juga terdengar. Yaa ternyata yang manusia tidak hanya rocker saja. Anggota DPR juga manusia biasa yang punya rasa, punya hati, punya canda, tawa, sedih, gembira dan tentunya memiliki juga celetukan-celetukan menggelikan.

Tinggalkan Balasan

