INTISARI KHOTBAH JUM’AT DI BALAI INDONESIA MEGURO TOKYO ( 5 Maret 2010 )

Dalam khotbah Jum’at  hari ini khotib menyampaikan bahwa Allah SWT akan menguji iman hamba-hamba-Nya. Ujian ini diperlukan untuk mengetahui apakah seorang manusia bisa lolos atau tidak. Jika ia lolos, maka Allah akan mengangkat derajatnya. Ujian yang diberikan oleh Allah SWT bisa dalam bentuk lima jenis, yaitu :

  1. Ujian dalam bentuk perintah. Kisah yang paling terkenal adalah apa yang terjadi pada nabi Allah Ibrahim AS. Allah memerintahkan beliau untuk mengorbankan anak yang sangat dicintainya. Anak yang sudah lama dinanti-nantikannya. Tapi nabi Ibrahim lolos dalam ujian ini. Ia dengan ikhlas menjalankan perintah Allah untuk menyembelih anaknya. Allah menunjukkan kebesaran-Nya terhadap hamba-Nya yang patuh. Anak nabi Ibrahim diganti dengan domba. Contoh-contoh lain dari ujian jenis ini adalah perintah sholat, zakat, sedekah, puasa dan sebagainya. Semoga kita bisa lolos dalam menjalankan ujian Allah ini.
  2. Allah menguji iman seorang hamba dengan larangan-larangan-Nya. Sebagai mana yang telah dicontohkan oleh nabi Yusuf AS ketika beliau dirayu oleh Siti Zulaikha untuk berbuat zina. Beliau lolos dari ujian ini walau kesempatan untuk berbuat zina sangat terbuka. Larangan-larangan Allah yang lain seperti meminum alkohol dan memakan-makanan haram, berjudi dan lain sebagainya. Semoga Allah memberi kekuatan kepada kita agar bisa selalu menjauhi apa yang Ia larang.
  3. Allah menguji iman hamba-Nya melalui musibah sebagaimana yang terjadi pada Rasul-Nya nabi Ayyub AS. Nabi Ayub diberi cobaan berupa penyakit yang sangat parah dan tidak sembuh-sembuh selama 18 tahun. Beliau berhasil lolos dalam ujian ini karena keimanannya yang tinggi kepada Sang Khalik. Gempa yang terjadi di beberapa tempat, tanah longsor yang merenggut nyawa keluarga dan sanak saudara, serta musibah lain semoga tetap membuat iman kita terhadap Allah SWT tidak luntur, bahkan semakin meningkat.
  4. Ujian dari Allah bisa datang dari orang-orang kafir. Rasulullah SAW selama kurang lebih tiga tahun pernah diisolir bersama pengikutnya oleh orang Qurais. Kebutuhan hidup diblokade. Tapi keimanan manusia yang paling mulia yang pernah ada di muka bumi ini tidak goyah sedikitpun. Beliau lolos dari ujian ini. Di zaman ini, cobaan-cobaan sejenis masih tetap ada. Bagaimana Israel merampas kemerdekaan umat muslim Palestina. Semoga kita juga bisa lolos dari ujian jenis ini.
  5. Terakhir Allah menguji hamba-hamba-Nya lewat saudara sesama Muslim. Seorang muslim yang bisa lolos dari ujian ini adalah mereka yang selalu memaafkan segala kesalahan yang dilakukan oleh orang lain kepadanya. Mereka yang menyambung tali silaturahmi kepada orang yang memutuskannya. Mereka yang bisa memberi kepada orang yang tidak pernah berbuat baik kepadanya. Mereka yang membalas dengan kebaikan terhadap kejahatan yang dilakukan orang lain kepadanya. Semoga Allah selalu memberi kuasa kepada kita agar bisa lulus dalam ujian ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: