JEPANG NEGERI SEJUTA NENEK DAN KAKEK YANG KUAT

Setelah kurang lebih tiga bulan berada di Tokyo Metro dan cukup jauh melakukan perjalan, maka tentunya cukup banyak pula hal atau peristiwa yang telah saya lihat. Ada satu hal yang cukup menarik perhatian saya. Selama dalam perjalanan baik itu ketika pergi ke atau pulang dari kampus atau saat pergi berliburan di hari Sabtu atau Minggu, saya banyak menjumpai/ melihat nenek-nenek atau kakek-kakek yang melakukan perjalanan. Perjalanan yang mereka lakukan bisa berpasangan ( kakek dan nenek ), dengan teman sesama kakek atau nenek, dengan keluarganya, dan sangat sering pula yang melakukannya seorang diri. Kalau dari segi usia saya perkirakan mungkin banyak yang di atas 65 atau 70 tahun. Perkiraan saya ini didasarkan pada perbandingan yang saya lakukan terhadap penampilan beberapa sensai bahasa jepang yang juga berusia di atas 60 tahu.

 

Pemandangan seperti ini jarang saya temui ketika di Jakarta dulu. Mungkin banyak faktor yang menyebabkan hal ini. Mungkin karena cuaca Jepang saat ini yang dingin dan terkadang sejuk sehingga enak untuk melakukan perjalanan, transportasi massal yang sudah sangat baik, dan tentunya kondisi kesehatan mereka yang memang prima. Seperti dilaporkan pada beberapa penelitian bahwa usia harapan hidup orang Jepang sangat tinggi. Maka tidak salah pula kalau saya memberi julukan untuk negeri ini dengan sebutan NEGERI SEJUTA NENEK DAN KAKEK YANG SEHAT DAN KUAT.

NOTE : ADA JUGA NENEK-NEK YANG MEWARNAI RAMBUTNYA SEPERTI UNGU, ORANGE, DLL

Tinggalkan Balasan

