PAGI DI PINGGIR SUNGAI TAMA ( TAMA RIVER ) TOKYO

Pagi ini sama seperti pagi-pagi sebelumnya, saya kembali melakukan jalan pagi/ jogging guna menjaga kesegaran tubuh. Yang berbeda adalah pagi ini saya memilih rute yang tidak sama dengan sebelumnya. Saya memilih untuk berjogging di sepanjang pinggiran sungai Tama. Sungai tama adalah sungai yang memisahkan Tokyo prefecture ( propinsi Tokyo ) dengan Kanagawa Perfecture ( tempat saya tinggal ). Sungainya tidak lebar, menurut taksiran saya barangkali antara 40 – 50 meter ?. Sebetulnya ini bukan kali pertama bagi saya melihat sungai ini karena hampir setiap hari saya menyeberangi sungai ini saat berangkat ke dan pulang dari kampus dengan kereta api.

Pagi ini karena memiliki waktu yang cukup lama untuk memandangi sungai ini, saya jadi berfikir bahwa ada sesuatu yang menarik dari sungai tersebut. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya berkenaan dengan lebar sungai, ukuran tersebut adalah bagian yang berisi air. Sementara daerah pinggiran sungai tersebut jauh lebih lebar. Kawasan ini menjadi kawasan yang sangat terbuka. Di pinggiran sungai ini banyak terdapat lapangan-lapangan terbuka yang sering digunakan oleh masyarakat untuk melakukan aktivitas olah raga seperti sepak bola, base ball dan lain sebagainya. Terdapat pula jalan beraspal yang sepertinya hanya diperuntukkan untuk pejalan kaki dan pengguna sepeda karena di bagian yang lebih luar juga terdapat jalan raya bagi kendaraan bermotor.

Suasananya sangat-sangat jauh berbeda dengan sungai Ciliwung di Jakarta yang kawasan sepanjang pinggiriran sungainya ( bahkan ada yang menjorok ke badan sungai ) dipenuhi oleh bangunan yang terkadang terkesan kumuh. Sungai tama merupakan salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh masyarakat untuk melakukan aktivitas seperti yang saya sebutkan tadi. Menurut informasi salah seorang teman kursus dan sensai bahasa Jepang, di sore hari di pinggiran sepanjang sungai tama, banyak sekali masyarakat yeng berolah raga baik menggunakan sepeda ataupun berjalan kaki. Suatu sore nanti saya berkeinginan untuk bersepeda atau sekedar jogging di sepanjang pinggir sungai ini.

Tinggalkan Balasan

