JEPANG NEGARA YANG MISKIN

Ketika membaca judul tulisan ini, bisa dipastikan tidak akan ada orang yang akan percaya. Bagaimana bisa, Jepang yang selama ini sangat dikenal sebagai salah satu negara yang paling maju di dunia dikatakan miskin. Kenapa negara yang ibukotanya terkenal dengan julukan satu diantara kota dengan biaya hidup tertinggi di dunia dikatakan tak berpunya. Tapi jangan terburu-buru mengambil kesimpulan. Miskin yang saya maksud di sini tidak sama dengan tidak kaya. Miskin di sini bukan berarti rakyatnya banyak hidup dalam kesengsaraan. Tapi yang saya maksud adalah bahwa negara Jepang adalah negara yang miskin dari pencuri. Yaa, barangkali  menemukan pencuri di Jepang sama susahnya dengan mencari jarum di dalam tumpukan jerami.

Kenapa saya bisa berasumsi demikian? Asumsi saya ini memang tidak atau belum didukung oleh data-data statistik yang bersumber dari phak-pihak yang terkait seperti kepolisian atau institusi pemerintah lainnya. Asumsi ini timbul berdasarkan analisa dari apa yang saya lihat saja. Di Jepang sudah sangat biasa masyarakat memarkir sepeda yang dimilikinya di luar rumah atau apartemennya baik pada siang hari maupun malam hari. Bahkan sepeda tersebut tidak di tempatkan di dalam pagar rumah atau apartemen karena memang tidak semua rumah atau apartemen dikelilingi oleh pagar. Hal yang sama jangan harap bisa dilakukan di Jakarta. Saya punya pengalaman buruk dengan hal ini. Sepeda yang sudah di parkir di dalam pekarangan rumah yang berpagar saja bisa digondol oleh pencuri.  Hal lain yang memperkuat asumsi saya adalah bahwa rumah-rumah atau apartemen-apartemen di Jepang banyak yang tidak dikelilingi oleh pagar. Jikapun ada pagar, maka pagar tersebut biasanya tidak akan setinggi pagar-pagar seperti yang ada di Jakarta. Situasi seperti ini bisa terjadi barangkali disebabkan adanya jaminan keamanan yang diberikan oleh pemerintah melalui aparatnya. Bisa juga disebabkan oleh tingkat kesejahteraan manyarakatnya yang memang sudah baik sehingga pikiran untuk mencuri tidak pernah terlintas di benak mereka. JEPANG MEMANG NEGARA YANG MISKIN = MISKIN DARI PENCURI.

4 Tanggapan to “JEPANG NEGARA YANG MISKIN”

  1. judulnya propokatip😀

  2. tapi klo yang pernah nonton kartun doraemon, ada tu pencuri yang yang nutupin lubang hidungnya aj pake kain…
    hehehheheeh….

    • kayaknya film2 kartun jepang itu gambaran hal2 yang mustahil terjadi di Jepang deh. Masak dari kantung dora emon bisa keluar apa aja. terus kalo nangis air matanya lebi deras dari semprotan pompa he he he

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: