THANK’S TO TOKO 100 YEN ( 100 YEN SHOP )

Untuk kesekian kalinya saya mengulang-ulang kalimat yang menyatakan bahwa Jepang ( yang saya maksud Tokyo metro ) merupakan daerah dengan tingkat biaya hidup yang tinggi. Hal tersebut jualah yang membuat saya agak gentar ketika mengetahui bahwa aplikasi studi saya ternyata diterima oleh professor pada salah satu universitas di Tokyo. Padahal awalnya saya telah berupaya mencari universitas yang ada di luar Tokyo yang menurut informasi memiliki tingkat biaya hidup yang lebih rendah seperti Kyusyu dan Gifu. Tapi Tuhan telah mentakdirkan saya untuk belajar di Tokyo dan saya percaya bahwa ini adalah keputusan terbaik yang diberikan Tuhan kepada saya. Setelah mengetahui bahwa saya akan melewati beberapa tahun hidup di Tokyo, maka saya mulai mencari informasi sebanyak mungkin tentang kota ini terutama tentang biaya hidupnya. Mulai dengan bertanya kepada beberapa teman yang sudah lebih dulu berada di sana sampai dengan mencarinya lewat internet.

Cukup banyak informasi yang saya peroleh dan semakin membuat saya siap untuk mendatangi kota tersebut. Akan tetapi tenyata ada beberapa informasi yang terlewatkan oleh saya ketika itu. Setelah berada di Tokyo saya merasa bahwa informasi ini cukup penting untuk diketahui oleh siapa saja yang ingin tinggal di Tokyo metro atau mungkin juga di tempat-tempat lain. Hal ini berkenaan dengan adanya toko yang bernama toko 100 yen ( 100 yen shop ). Cabang-cabang dari toko ini cukup mudah ditemui di beberapa tempat. Berdasarkan pengalaman saya, hampir di setiap kawasan stasiun yang saya lewati terdapat toko ini.

Kenapa disebut toko 100 yen? Karena memang hampir sebagian besar ( > 80% ) item produk yang dijual di toko tersebut seharga 100 yen ( dengan pajak menjadi 104 yen setara dengan Rp 10.400 ). Barang kali kalau ada diantara kita yang pernah berbelanja di toko serba 5 ribu atau serba 10 ribu yang ada di beberapa mall di Jakarta, kira-kira toko 100 yen ini mirip dengan itu. Bisa dibayangkan kalau harga di Jakarta dan Tokyo sama yakni 10 ribuan, tentunya nilai tersebut untuk ukuran hidup di Tokyo metro menjadi sangat murah.

Apa saja yang bisa dibeli di toko 100 yen tersebut? Banyak sekali macam barang yang dijual di toko ini seperti peralatan masak, peralatan makan, peralatan kamar mandi dan cuci,  alat-alat tulis, dan segala keperluan hidup lainnya. Saya sendiri pernah membeli payung, ember untuk nyuci, gayung, alat tulis ( map, pulpen tiga warna isi 3, steples, pelobang kertas ), sabun deterjen dan lain sebagainya dengan harga 104 yen tersebut. Memang ada beberapa item yang dijual dengan harga > 104 yen, tinggal mengecek bandrol yang ada pada barang tersebut. Toko ini sekarang menjadi salah satu toko favorit saya karena memang menawarkan harga barang yang sangat ekonomis. Orang Jepang tidak sedikit pula yang berbelanja di toko ini bahkan hampir setiap saya belanja di cabang terdekat, toko ini selalu ramai. Jadi bagi yang berencana untuk datang dan tinggal di Tokyo Metro atau mungkin juga bagian Jepang lainnya, jangan terburu-buru dulu untuk membeli segala keperluan rumah sebelum mengunjungi toko 100 yen ini. TERIMA KASIH 100- YEN SHOP.

 

 

Satu Tanggapan to “THANK’S TO TOKO 100 YEN ( 100 YEN SHOP )”

  1. Saya maklum pak dengan uang saku yang pas2an, tp msh bisa nabungkan??????

Tinggalkan Balasan

