CARA PROFESORKU MEMBERI BIMBINGAN PERLU DITIRU

                Di laboratorium tempat saya saat ini belajar dan akan segera melakukan penelitian, terdapat beberapa orang mahasiswa program magister. Salah satu diantaranya beberapa minggu lalu telah melewati ujian akhir thesis sebut saja namanya A. Sedangkan yang lainnya barangkali akan memulai penelitian pada waktu yang bersamaan dengan saya. Di samping itu, ada dua orang sensai yang juga sedang menyelesaikan program Doktornya. Sensai ini ikut membimbing mahasiswa magister yang telah lulus tadi.

              Dalam masa-masa persiapan untuk maju menghadapi ujian akhir thesis, saya melihat si A beberapa kali mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk power point di hadapan profesor dan kedua orang sensai tadi. Presentasi dilakukan di dalam laboratorium yang memang sudah tersedia satu set peralatan yang diperlukan untuk presentasi seperti LCD, monitor,  laptop dan pointer. Presentasi semakin sering dilakukan pada minggu-minggu terakhir menjelang sidang. Bisa 3 kali dalam seminggu. Dalam kegiatan tersebut, setelah si A selesai menyampaikan materinya, profesor dan kedua sensai kemudian saling berdiskusi untuk membahas hasil-hasil yang telah disampaikan si A. Masukan-masukan untuk penyempurnaan hasil diberikan kepada si A. Diskusi tersebut bisa berlangsung selama 2 sampai 4 jam. Presentasi juga dihadiri oleh mahasiwa yang satu laboratorium.

              Saya begitu terkesan menyaksikan cara dosen pembimbing melakukan bimbingan kepada mahasiswanya. Mereka begitu serius dan penuh dengan persiapan demi kesempurnaan hasil yang didapat. Saya berniat dalam hati untuk mengambil hal-hal positif ini agar bisa diterapkan nanti ketika sampai di Indonesia apabila diberi kepercayaan untuk membimbing mahasiswa penelitian. Saya yakin bahwa dengan melakukan pembimbingan seperti yang profesor saya contohkan, maka hasil yang akan didapat akan menjadi maksimal.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: