SEPERTINYA MUSIM DINGIN SUDAH HAMPIR BERLALU

Musim dingin ini merupakan musim dingin sekaligus musim pertama di Jepang  bagi saya. Saya belum pernah merasakan musim semi dan dua musim lainnya karena memang ketika pertama kali menginjakkan kaki di negeri kaisar akihito ini, langsung disambut oleh suhu dingin yang memaksa saya mengenakan jaket tebal untuk menghangatkan diri. Menurut beberapa sumber informasi yang pernah saya baca, musim dingin akan berganti dengan musim semi. Musim semi yang ditandai dengan bermekarannya bunga sakura di seantero Jepang tersebut di mulai pada bulan April. Bulan April masih sekitar dua minggu lagi. Saya merasakan udara di Jepang sejak minggu kedua Maret ini sudah tidak terlalu dingin. Tidak seperti sebelumnya dimana saya harus mengenakan jaket tebal di setiap waktu dan selalu mengenakan kaus kaki untuk menghidari dinginnya lantai di rumah/ apato. Bahkan hari minggu kemarin ketika berwisata ke salah satu tempat menarik di Jepang yakni kamakura, saya sama sekali tidak mengenakan jaket tebal, cukup memakai sweater lengan panjang. Malam hari pun ketika tidur, kalau biasanya selimut yang dibutuhkan sampai dua lapis, saat ini cukup satu.

Memang udaranya belum stabil seperti itu, karena ketika hujan turun udara bisa menjadi lebih dingin dan terkadang hujan bisa berlangsung sepanjang hari. Kalau tidak hujan, udara biasanya terasa nyaman. Sensai di laboratorium pernah bilang bahwa menjelang musim semi, udara memang cenderung fluktuatif. Barang kali bagi siapa saja yang berencana untuk berkunjung ke Jepang, sepertinya mingu-mingu pertengahan dan akhir Maret ini adalah waktu yang cukup tepat. Memang yang lebih pas lagi tentunya pada bulan April, tapi kalau keinginan itu sudah tidak bisa ditahan lagi alias kebelet, tidak ada salahnya kalau segera terbang di bulan Maret ini. Kalau mau melihat indahnya bunga sakura, sebagian sudah ada yang bermekaran.

Satu Tanggapan to “SEPERTINYA MUSIM DINGIN SUDAH HAMPIR BERLALU”

  1. Wahhh.. senangnya merasakan tinggal di jepang..hihi
    kapan ya saya bisa kesana?? *ngarep*
    Berarti sekarang udah banyak sakura donk ya??

Tinggalkan Balasan

