MENGENAL PROFESI APOTEKER ( bagian 6 ) —– Kenapa profesi ini diperlukan ( membantu pasien dalam menghemat biaya pengobatan )

Organisasi kesehatan dunia WHO menyebutkan bahwa biaya yang dikeluarkan untuk pembelanjaan obat di negara-negara berkembang antara 20 – 40% terhadap total biaya kesehatan sedangkan di negara maju antara 10 – 20%. Disebutkan juga bahwa 50 – 90% pasien di negara berkembang membayar biaya pengobatan dengan uang dari kantung sendiri ( tidak ditanggung asuransi ). Khusus untuk Indonesia, harga obat tergolong mahal yang disebabkan oleh lebih dari 90% bahan baku obat harus diimpor dari luar negeri.

 

Jumlah obat yang beredar di Indonesia seperti yang pernah disampaikan oleh ketua Ikatan Apoteker Indonesia pada suatu kesempatan berjumlah sekitar 16 ribuan merek. Suatu jumlah yang sangat besar. Satu jenis obat terutama obat yang tingkat penggunaannya tinggi ( menjanjikan secara ekonomi ) bisa diproduksi lebih dari satu merek. Contohnya antibiotik amoksisilin bisa hadir dalam berbagai merek, dibuat oleh pabrik yang berbeda dan dengan harga yang tentunya tidak sama dan terkadang perbedaan harganya bisa sangat jauh, terlebih apabila dibandingkan dengan produk generiknya. Obat ini hadir dengan puluhan merek yang berbeda. Contoh lain adalah obat antidiabetes dan antihipertensi yang memang banyak dibutuhkan, juga diproduksi dalam berbagai merek.

 

Banyaknya merek-merek yang berbeda ini akan sangat membingungkan pasien sebagai konsumen obat. Kekurangmengertian terhadap merek ini terkadang menyebabkan pasien harus membayar mahal atas obat yang harus dibelinya. Misalnya amoksisilin merek  A  yang tertulis dalam resep, harganya bisa beberapa kali lipat dengan amoksisilin dengan merek lain apalagi jika dibandingkan dengan generiknya. Padahal dari segi khasiat, obat ini sama saja karena memang sudah dijamin oleh Badan Pemeriksaan Obat dan Makanan serta Departemen Kesehatan sebagai otoritas pemerintah di bidang kesehatan dan obat. Di sinilah apoteker bisa berperan dalam membantu pasien memilih obat yang berkhasiat dengan harga yang lebih murah. Apoteker memiliki pengetahuan yang mendalam tentang obat

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: