MASA MEKARNYA BUNGA SAKURA SEPERTINYA AKAN SEGERA BERLALU

Alhamdulillah pagi ini hari tidak hujan. Walau langit diliputi mendung tapi saya tetap bisa melakukan aktivitas rutin di pagi hari yakni jalan/ jogging. Aktivitas ini biasa saya lakukan sekitar 1 sampai 1,5 jam setiap harinya kecuali pada saat hari hujan. Pagi ini saya sengaja memilih rute di sepanjang kali yang lokasinya berada tidak jauh dari tempat tinggal saya. Di sepanjang pinggir kali tersebut ditumbuhi oleh pohon sakura yang jumlahnya sangat banyak. Dahan-dahan pohon yang satu dengan dahan pohon di sebelah kiri atau kanannya saling bersinggungan, begitu pula dengan antara dahan atau ranting pohon yang berada pada kedua sisi bibir kali. Saat sakura bermekaran seperti yang dimulai sejak beberapa minggu lalu sampai saat ini, kali tersebut menjelma menjadi pemandangan yang sangat menakjupkan. Warna ping muda yang berasal dari bunga sakura mendominasi area sepanjang kali. Di daerah kali yang saya lewati hari ini kebetulan ditumbuhi oleh pohon sakura yang nampaknya sudah berusia tua. Hal ini ditandai dengan pohonnya yang sangat besar. Di area lain yang pernah saya lewati ada juga pohon sakura yang masih kecil-kecil.

Pada saat puncaknya, seluruh pohon dipenuhi oleh kuntum-kuntum bunga. Kuntum-kuntum bunga ini bermunculan di ranting-ranting atau dahan yang sebelumnya gundul karena baru melewati musim gugur dan musim dingin. Boleh dibilang bahwa yang muncul hanya bunga-bunga saja tanpa disertai oleh daun. Kalaupun ada daun, jumlahnya bisa diabaikan karena terkadang memang tidak kelihatan. Menurut informasi bunga sakura bermekaran dalam waktu yang sangat singkat. Bisa jadi hanya dalam beberapa minggu ( sekitar 2 minggu ). Dan sekarang ini sepertinya masa-masa bermekarannya bunga sakura ini akan memasuki tahap-tahap akhir. Baru 10 hari yang lalu saya dan beberapa teman berfoto-foto di area kali ini saat bunga sakura hampir mekar dengan sempurna, pagi ini saya sudah menyaksikan bahwa kelopak-kelopak bunga ini banyak yang berguguran ke tanah yang juga menampilkan pemandangan yang tidak kalah mengesankan. Sebagian permukaan tanah jadi tertutup oleh kelopak -kelopak bunga ini. Pada beberapa bagian pohon sudah mulai terlihat daun-daun bermunculan. Daun-daun yang menggantikan posisi bunga yang telah berjatuhan. Kalau boleh saya perkirakan pagi ini bunga sakura sudah mulai berguguran sampai 5  – 10%nya. Di daerah kali yang lain dimana bunga sakura sudah labih dulu bermekaran seperti yang saya ceritakan pada tulisan terdahulu, pohon-pohon sakura sudah sepenuhnya ditumbuhi oleh dedaunan tanpa bunga. Saya duga dalam satu minggu ini pohon sakura akan segera sampai pada masa akhir mekarnya bunga-bunganya. Warna ping akan segera digantikan oleh warna hijau daun yang dominan. Masa-masa hanami akan segera berlalu.

Jadi kalau ada diantara pembaca yang ingin menikmati indahnya bunga sakura ( daerah Tokyo Metro khususnya, karena untuk daerah yang lain saya kurang tahu, bisa jadi juga sama  ), maka minggu ini adalah kesempatan terakhir bagi anda. Minggu pertama dan kedua April sepertinya adalah saat-saat puncak bunga ini bermekaran.

2 Tanggapan to “MASA MEKARNYA BUNGA SAKURA SEPERTINYA AKAN SEGERA BERLALU”

  1. Bunga ros melambangkan cinta dan kasih sayang antara dua hati.Yang pasti bunga tidak pernah dilupakan kala menyempurnakan apa jua majlis….Berikan sejambak bunga untuk yang tersayang…..

  2. Bunga ros melambangkan cinta dan kasih sayang antara dua hati.Yang pasti bunga tidak pernah dilupakan kala menyempurnakan apa jua majlis…Kirimkan sejambak bunga untuk yang tersayang…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: