CEREMONI SAKRAL DI SEKOLAH FARMASI ( SHOWA UNIVERSITY )

Baru sekitar 15 menit saya tiba di laboratorium kampus dan sebagaimana biasanya langsung duduk di meja belajar, salah seorang sensai yang baru saja datang memberi tahu bahwa hari ini ada sebuah acara spesial ( special ceremony ) di kampus. Dia bilang bahwa acara tersebut akan dimulai jam 10.00 pagi di salah satu hall yang ada di area kampus. Saya dan teman Indonesia yang satu laboratorium pun tertarik untuk datang ke ceremoni itu, hitung-hitung menambah pengalaman baru. Kepada teman Jepang yang mejanya bersebelahan dengan saya sempat saya tanyakan apakah ia juga akan datang ke acara tersebut. Dia jawab bahwa dia akan tinggal di laboratorium saja.

Sesampainya di hall yang dimaksud, awalnya kami agak ragu juga setelah melihat bahwa hampir semua orang yang hadir di sana mengenakan pakaian formal berupa setelan jas bagi pria dan blazer untuk wanita. Untung saja ada beberapa orang yang mengerti akan keraguan kami dan dengan ramahnya salah satu diantara mereka mempersilahkan kami untuk memasuki ruangan hall tersebut. Di dalam ruangan telah banyak orang yang menempati tempat duduknya akan tetapi ruangan tersebut tidak penuh. Kami memilih kursi yang paling belakang karena paling dekat dan mudah dijangkau. Dan sama seperti beberapa acara yang pernah saya hadiri sebelumnya di kampus ini, pada jam sepuluh tepat, acara langsung dibuka oleh pembawa acara yang merupakan salah seorang dosen di kampus kami. Dimulai dengan menyanyikan lagu marrs universitas, dilanjutkan dengan beberapa kata sambutan yang salah satunya dari dekan. Beberapa saat kemudian sampailah kepada acara inti yakni prosesi penyerahan baju jas praktek farmasi kepada mahasiswa yang akan segera melaksanakannya, Baju tersebut berupa jas putih lengan panjang dengan tinggi sampai di bawah lutut. Praktek farmasi yang akan dilakukan mahasiswa adalah praktek farmasi klinis di rumah sakit dan di apotek.

Diawali dengan pemanggilan 15 orang dosen ke atas podium yang salah satunya adalah profesor pembimbing kami. Selanjutnya pembawa acara memanggil satu persatu mahasiswa yang akan melaksanakan praktek kerja sebanyak 15 orang pula untuk tiap termennya. Setelah masing-masing tiba di hadapan dosen dan memberi hormat, para dosen lalu menyerahkan jas praktek tersebut kepada mahasiswa yang ada di hadapannya. Setelah baju diterima, para mahasiswa lalu mengenakan baju tersebut dengan rapi. Kemudian mereka berbalik menghadap audien dan memberi hormat sembari menundukkan kepala dan membungkukkan badan. Begitu seterusnya sampai seluruh mahasiswa yang jumlahnya 151 orang terpanggil semua. Setelah rangkaian ini selesai dua orang perwakilan mahasiswa maju ke podium untuk membacakan sejenis tekad atau janji yang diteruskan dengan menyerahkan apa yang telah dibaca kepada dua orang dosen yang ada di hadapan mereka. Acara diakhiri dengan penyampaian pesan oleh beberapa orang perwakilan dosen. Acara berlangsung selama kurang lebih 75 menit.

Pada akhir acara kami melihat dekan kami berkeliling di sekitar kursi tempat duduk. Dia menyampaikan rasa hormat kepada undangan yang hadir dengan cara membungkukkan badan. Diapun sempat menghampiri kami dan menanyakan bagaimana kesan kami terhadap acara yang baru saja berlangsung. Dari dia kami ketahui bahwa acara tersebut juga baru pertama kali mereka laksanakan setelah pergantian sistem pendidikan farmasi dari yang semula 4 tahun menjadi 6 tahun. Mahasiswa yang akan melaksanakan prakter tersebut adalah mahasiswa tingkat 5 yang sekaligus merupakan menjadi mahasiswa tingkat 5 perdana. Dan menurut dekan itu juga, acara ini bertujuan untuk menyentuh kesadaran mahasiswa bahwa mereka adalah bagian dari tim medis yang punya tanggung jawab terhadap kesehatan dan keselamatan pasien.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: