SAKTINYA KARTU MAHASISWA DI JEPANG

Walau sudah empat bulan berada di Jepang dan telah wira-wiri naik kereta api dan berjalan kaki dari apartemen ke kampus, namun saya dan teman saya baru resmi tercatat sebagai mahasiswa dua minggu terakhir ini. Hal ini ditandai dengan telah diikutinya acara enterance ceremony di kampus dan pada saat itu juga kepada kami langsung diserahkan kartu mahasiswa. Waktu itu seorang teman Jepang yang kebetulan satu pembimbing menginformasikan kepada saya bahwa dengan kartu tersebut, saya bisa mendapatkan potongan harga untuk beberapa keperluan antara lain ketika ingin membeli soft ware atau buku, begitu pula dengan tiket kereta api. Untuk tiket kereta api dia bilang biasanya diskon mahasiswa akan diberikan untuk harga tiket perjalanan yang cukup mahal. Kabar tersebut tentu saja menggembirakan hati saya walau sebenarnya berita ini sudah pernah saya dengar sebelumnya.

Nah tadi pagi tibalah saatnya saya dan teman saya membayar uang langganan bulanan tiket kereta api untuk jalur apartemen sampai ke kampus. Ini adalah kali keempat kami melakukannya. Selama ini kami tercatat sebagai warga biasa sehingga kami harus membayar biaya langganan yang biasa pula. Tapi tadi pagi kami ingin menjajal keampuhan kartu mahasiswa yang selama ini kami dengan, apakah benar kartu ini sakti atau tidak. Kami pergi menuju counter pembayaran dan memperlihatkan kartu langganan dan juga kartu mahasiswa. Singkat cerita akhirnya tadi pagi kami hanya membayar tiket kereta langganan untuk satu bulan ke depan dengan harga separuh dari biasanya. Suatu potongan harga yang sangat bermakna. Biasanya kami harus membayar sebesar 9.500 yen, maka tadi pagi kami cukup membayar senilai 4.570 yen. Walau tampang kami sudah tidak muda dan imut lagi, tapi dengan adanya kartu mahasiswa tersebut, kami dianggap sama dengan pelajar atau mahasiswa lainnya.

Saya jadi berfikir seandainya di Indonesia juga berlaku hal yang sama. Tentu beban pendidikan yang harus dikeluarkan oleh masyarakat menjadi lebih ringan. Hari ini saya akhirnya dapat merasakan salah satu kesaktian kartu mahasiswa di Jepang. Semoga pada kesempatan-kesempatan berikut, kenyamanan-kenyamanan yang diberikan oleh Jepang akan saya rasakan. Wah kalau untuk membeli tiket  sinkansen ( kereta super cepat ) juga diberi potongan harga yang sama seruuu kali yaaaa.

Tinggalkan Balasan

