SAAT YANG PALING TEPAT UNTUK MELIHAT BUNGA SAKURA DI JEPANG

Barang kali ini adalah rangkaian terakhir dari tulisan saya berkaitan dengan bunga sakura. Akhir dari rangkaian tulisan ini sejalan dengan ending masa bermekarannya bunga sakura. Yaa, dari pengamatan terakhir yang saya lakukan di beberapa lokasi dimana terdapat banyak pohon sakura seperti di kawasan sepanjang pinggiran kali, di lapangan dan beberapa tempat lainnya, terlihat bahwa bunga sakura akan segera meninggalkan musimnya. Kalau dipresentasekan, keberadaan bunga sakura di pohonya saat ini tidak lebih dari 5%. Sisanya sudah berganti dengan warna hijau daun. Jadi bagi anda yang ingin berkunjung ke Jepang dengan tujuan untuk melihat indahnya bunga sakura, sebaiknya diurungkan sampai tahun depan.

 

Dalam tulisan ini, saya ingin merangkum hasil pengamatan saya berkenaan dengan bunga sakura :

  • Lokasi yang saya amati adalah daerah Tokyo Metro meliputi Tokyo, Kawasaki, Yokohama, Chiba.
  • Bunga sakura sudah mulai bermekaran pada awal/ minggu pertama Maret. Jumlahnya masih sangat sedikit, sehingga saat ini menurut hemat saya bukanlah momen yang tepat untuk melihat keindahannya yang paripurna.
  • Puncak mekarnya bunga ini terjadi kira-kira pada minggu terakhir Maret sampai Minggu kedua April. Kalau boleh saya perkecil lagi range waktunya, maka pada Minggu pertama April adalah saat yang paling pas untuk menikmati keindahan bunga sakura yang menakjubkan ini. Sebagian kawasan Jepang berubah menjadi bewarna ping muda.
  • Mulai Minggu kedua April, bunga ini sebenarnya mahkota-mahkota bunga ini sudah mulai bergugura. Dan Sepertinya pada minggu ketiga atau keempat April, sakura akan benar-benar sampai pada masa akhir mekarnya.
  • Pohon yang lebih dulu berbunga akan lebih awal pula sampai pada masa gugurnya.

 

Gugurnya bunga sakura bukan berarti berakhirnya musim semi. Bunga-bunga yang lain masih tetap memberikan warna-warni pada tanah Jepang. Bunga-bunga dengan warna yang sangat kuat. Bunga tulip pun banyak dijumpai di sini. Pohon-pohon yang semula kehilangan daunnya pada musim gugur, mulai berubah menjadi hamparan bewarna hijau.

Satu Tanggapan to “SAAT YANG PALING TEPAT UNTUK MELIHAT BUNGA SAKURA DI JEPANG”

  1. bernadusnana Says:

    jadi pengen melihat bunga sakura…

    hehehehh

    salam,
    bernadusnana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: