AGAR OBAT ANDA MEMBERIKAN MANFAAT YANG LEBIH BAIK

Penggunaan yang tepat

Yakinkan bahwa anda mengerti bagaimana cara menggunakan obat secara benar. Jika anda tidak memahaminya, apoteker akan membantu anda. Menggunakan obat anda secara tepat adalah satu cara untuk menurunkan biaya pengobatan anda. Ribuan orang tiap tahun berakhir di rumah sakit, gagal untuk menjadi lebih sehat, dan membelanjakan uang lebih banyak dari yang seharusnya dikarenakan mereka tidak menggunakan obat secara tepat. Penggunaan yang tepat ini meliputi tepat obat, tepat dosis, frekuensi penggunaan dan tepat lama penggunaan. Pemilihan obat yang tepat ditentukan oleh dokter berdasarkan hasil pemeriksaan yang benar. Dosis adalah takaran obat yang harus digunakan selama pengobatan. Besarnya dosis berbeda antara orang dewasa dan anak-anak. Sebagian dosis ditentukan berdasarkan berat badan pasien. Sehingga dosis antara anak berusia 2 tahun bisa saja berbeda karena berat badan yang tidak sama. Frekuensi pemakaian obat antara yang satu dengan lainnya bisa saja berbeda. Sebagian obat bisa digunakan 1 kali, 2 kali, 3 kali atau lainnya dalam sehari. Begitu pula dengan lama penggunaan obat. Sebagian obat hanya digunakan selama beberapa hari saja sedangkan sebagian yang lainnya harus digunakan seumur hidup.

 

Interaksi obat dengan makanan

 

Sering ada makanan, minuman tertentu dan obat-obat lain atau aktivitas lain yang harus dihindari selama minum obat. Makanan dan obat berinteraksi dalam cara-cara yang kompleks. Makanan dapat membuat obat menjadi lebih berkhasiat atau sebaliknya khasiatnya menjadi berkurang, dan beberapa obat dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi dari makanan. Beberapa dari interaksi ini bisa berbahaya. Anda harus hati-hati dengan ini khususnya jika anda menggunakan obat lebih dari satu obat. Jangan lupa untuk memberitahukan apoteker atau dokter anda tentang obat-obat lain yang sedang anda gunakan.

 

Efek Samping

 

Mengetahui efek samping dari obat yang sedang anda gunakan adalah hal yang sangat penting dalam upaya membuat obat anda bekerja lebih baik, dan itu dapat membantu anda melaporkan masalah-masalah yang berkaitan dengan obat ini lebih awal dan mendapatkan perawatan terhadapnya sebelum efek samping ini menjadi lebih serius. Apoteker anda dapat menceritakan kepada anda tentang jenis efek samping dan berapa lama efek tersebut berakhir. Laporkan kepada apoteker atau dokter anda tentang efek samping yang anda alami saat menggunakan obat anda.

 

Dosis

 

Selalu gunakan obat anda seperti yang diinstruksikan oleh dokter dan apoteker anda. Jangan pernah mengubah cara anda menggunakan obat tanpa terlebih dahulu mendiskusikannya dengan tenaga medis anda. Obat terkadang diberikan dalam dosis yang berbeda atau pada waktu yang berbeda. Menurunkan dosis tanpa mengubah keefektivan obat terhadap anda bisa dimungkinkan. Akan tetapi keputusan ini harus dibuat dengan hati-hati dengan tenaga medis yang merawat anda.

 

Obat Generik

 

Tanyakan kepada apoteker anda jika ada versi generik dari obat yang sedang anda gunakan. Obat generik memiliki khasiat yang sama dengan obat bermerek. Obat generik biasanya lebih murah dibandingkan obat bermerek. Apoteker anda dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkenaan dengan penggunaan obat-obat ini.

 

Kepatuhan

 

Yang dimaksud dengan kepatuhan adalah menggunakan obat anda sesuai yang diinstruksikan oleh dokter atau apoteker anda. Obat akan memberikan manfaat yang rendah jika anda melewatkan suatu dosis atau jika anda menghentikan penggunaan obat dengan alasan untuk menghemat uang karena anda merasa lebih baik. Menggunakan obat anda dengan saran-saran dari apoteker adalah bentuk penghematan yang efektif dalam layanan kesehatan. Ini adalah sesuatu yang benar untuk kesehatan anda saat ini dan masa yang akan datang dengan mencegah masalah-masalah kesehatan yang dapat membutuhkan pengobatan yang lebih mahal di masa datang.

 

Biaya

Untuk menghemat uang yang dibelanjakan untuk setiap pengobatan, diskusikan dengan apoteker anda pilihan untuk mendapatkan jumlah yang lebih sedikit, misalnya menebus obat 30 tablet terlebih dahulu daripada 60 tablet yang diresepkan. Anda harus berati-hati ketika membeli obat dalam jumlah yang besar :

  • Catat berapa banyak yang harus anda gunakan. Memiliki suplai obat yang banyak terkadang dapat mengarah kepada pengobatan yang berlebihan atau menjadi sampah karena berubahnya pengobatan.
  • Pastikan untuk menyimpan obat secara benar pada tempat yang gelap, dingin dan kering. Jangan simpan di kotak obat dalam kamar mandi. Kelembaban kamar mandi dapat merubah keefektifan obat
  • Buang obat yang sudah lama. Perhatikan tanggal kadaluarsa semua obat. Jika tidak tertera, bawa obat tersebut kepada apoteker anda untuk menentukan jika obat tersebut masih dapat digunakan secara aman dan efekti

2 Tanggapan to “AGAR OBAT ANDA MEMBERIKAN MANFAAT YANG LEBIH BAIK”

  1. Selamat sore…Terkadang membicarakan Kesehatan tidak ada habisnya, karena manusia memang mahluk yang dari segi sistem sangat sempurna baik dari segi Ke-Tuhanan maupun sebagai tempat bernaungnya Virus maupun Bakteri. Mari kita sebagai pencinta Dunia Kesehatan selalu dan selalu membahas ilmu kesehatan dan kalau bisa berikan yang terbaik tanpa ada niat ingin ada bayaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: