TOKO MURAH DI JEPANG TERNYATA TIDAK HANYA TOKO 100 YEN

Beberapa waktu yang lalu saya pernah membaca salah satu situs pariwisata yang ada di Jepang. Salah satu informasi yang disampaikannya adalah tentang apa-apa yang murah di Jepang. Yang termasuk dalam kategori hal-hal yang murah di Jepang tersebut adalah internet, makanan di restoran-restoran tradisional dan apa saja yang dijual oleh toko 100 yen. Akses internet di Jepang mungkin bisa dikatakan murah. Rata-rata biaya berlangganan internet antara 5000 – 7000 yen sebulan. Saya sendiri memilih langganan yang 5.000 yen berupa mobile internet ( paket 1000 – 5.000 yen : pembayaran minimal 1.000 yen dan 5.000 yen untuk unlimited akses ) . Kecepatan download sangat tidak mengecewakan. Untuk harga makanan sangat relative. Berhubung saya cukup terkendala dengan kehalalan dari masakan yang berbahan daging, maka pengalaman saya terhadap dunia perkulineran di Jepang sangat minim. Dari hasil sightseeing di sepanjang perjalanan, harga satu porsi makanan di restoran-restoran kelas sederhana berkisar antara 500 – 800 yen. Mahalkah ini? Tentu saja jawabannya sangat relatif. Jika kita rupiahkan memang terkesan mahal yakni sekitar 50 – 80 ribu untuk satu porsinya belum termasuk minuman. Tapi kalau kita bandingkan terhadap income rata-rata orang Jepang, harga ini sebetulnya tidak mahal. Kalau dianalogikan dengan perbandingan antara harga satu porsi makanan dengan pendapatan rata-rata orang Jakarta yang sekitar 5 jutaan, maka harga 500 yen di Jepang analog dengan 15.000 di Jakarta. Satu porsi makanan di Jakarta seharga 15 ribuan bukankah juga mudah ditemukan?

 

Yang terakhir tentang toko 100 yen, secara khusus pernah saya muat pada tulisan yang saya buat beberapa waktu lalu. Namanya memang toko 100 yen. Tapi sebenarnya harga yang harus dibayarkan oleh konsumen adalah 105 yen. Toko ini memang sangat membantu bagi mereka yang ingin berhemat selama tinggal di Jepang. Bahkan orang Jepang sendiri juga meminati toko ini. Outletnya tersebar di banyak tempat. Hampir di setiap kawasan stasiun yang saya singgahi, saya temukan toko ini.

Setelah melewati beberapa waktu di Jepang, dan melihat lebih banyak hal, ternyata saya menemukan lagi beberapa toko yang juga menjual dagangannya dengan harga yang sangat ekonomis. Toko yang saya maksud adalah :

  • Toko 99 ( 99 Shop ). Sebenarnya saya sudah sering mulai berbelanja di toko ini pada minggu-minggu pertama keberadaan saya di Jepang. Akan tetapi saya baru menyadarinya setelah beberapa bulan menjadi konsumen setia di toko ini. Kesadaran ini muncul setelah saya mengelilingi sepanjang rak yang memajang barang dagangan toko ini. Ternyata sebagian besar ( mungkin > 90% ) dari barang yang dijual di toko ini beharga 99 sesuai dengan nama tokonya. Setelah ditambah dengan pajak, harga yang harus dibayar oleh konsumen menjadi 104. Murah juga bukan? Perbedaan toko ini dengan toko 100 yen adalah dari jenis barang dagangan utamanya. Barang dagangan yang dominan dijual di toko ini adalah jenis makanan dan minuman seperti minuman dan makanan kemasan, mie kemasan dan lain sebagainya. Barang selain makanan juga ada tapi dalam jumlah dan jenis yeng terbatas. Berbeda dengan toko 100 yen yang menjual barang dengan jenis item yang sangat luas dengan jenis non makanan lebih besar dibandingkan makanan. Perbedaan lain yakni jumlah out let toko ini. Sepanjang keberadaan saya di Jepang, baru 2 outlet yang saya temui. Sedangkan toko 100 yen mungkin lebih dari 10 buah yang pernah saya jumpai.
  • Toko Lowson 100. Kesadaran saya akan keberadaan toko ini lebih belakangan lagi disbanding toko 99. Untuk toko dengan nama Lowson sendiri sudah saya kenali sejak awal. Toko dengan sangat banyak outlet yang tersebar dimana-mana, Toko yang harga barang dagangannya adalah harga rata-rata yang sama denga toko-toko jenis minimart lain seperti 7 elevent atau Family Mart. Tapi ternyata minimart dengan nama Lowson 100 ini menjual barang dagangan dengan harga sebagian besarnya adalah 100 yen ( 105 yen setelah pajak ). Harga yang sama dengan toko 100 yen. Dari jenis barang dagangannya, minimart ini sejenis dengan toko 99. Sepertinya jumlah outletnya lebih banyak dari toko 99 dan lebih sedikit dibandingkan toko 100 yen

So, bagi anda yang ingin berbelanja di jepang dengan harga yang lebih ekonomis, selamat berbelanja di toko 100 yen, 99 shop atau lowson 100. Barang yang sama yang dibeli di toko-toko ini bisa jauh lebh mahal dibandingkan dengan apabila dibeli di toko atau minimart atau supermarket lain. Contohnya Coca cola 500 ml dengan harga 104 yen di toko 99 harus kita bayar dengan harga 126 atau 140 yen di tempat lain. Lebih ekonomis bukan ?

Tinggalkan Balasan

