TIPS JIKA INGIN TINGGAL DI JEPANG DAN KEMUDAHAN YANG DIBERIKAN PEMERINTAH JEPANG

Apartemen

Untuk menyewa apartemen di Jepang di butuhkan dana awal kira-kira 3-4 kali nilai sewa. Mereka bilang 1 kali sebagai uang kunci, 1 untuk agen, 1 untuk deposit, 1 untuk sewa bulan pertama. Menurut saya bagi pendatang baru yang belum memiliki apartemen tujuan yang jelas, sebaiknya untuk sementara memilih tinggal di guest house atau dormitory ( jenis tempat tinggal yang harganya ekonomis dengan hanya dibebankan uang sewa saja ). Nanti setelah sampai di Tokyo Metro dan mulai beradaptasi beberapa waktu, barulah kita mencoba mencari apartemen idaman ( cukup murah, jumlah ruangan sesuai kebutuhan, jarak cukup dekat ) karena untuk mendapatkannya akan memerlukan waktu dan upaya yang cukup. Ingat tak mungkin sering berpindah-pindah dari apartemen regular karena biaya awal yang 3 – 4 kali tadi. Tipe tempat tinggal yang ekonomis tadi bisa di searching di internet. Salah satu contohnya adalah www.sakurahouse.com

 

Negeri yang sangat informatif

Untuk lebih cepat mengenal lingkungan, sebaiknya kita segera mencari informasinya dari internet. Cari situs resmi dari wilayah yang kita inginkan. Dalam situs ini banyak terdapat informasi yang akan sangat membantu kita sebagai pendatang baru tentang apa yang harus kita lakukan dan lain sebagainya berkaitan dengan hidup di Jepang. Antara lain tentang cara mendaftar sebagai pendatang asing, asuransi, dll.

 

Mencari informasi tentang perhimpunan masyarakat Indonesia di Jepang

Ini akan sangat membantu karena mereka sudah lebih dahulu berada di Jepang. Dalam situs mereka juga banyak terdapat informasi-informasi yang berharga. Misalnya http://ppijepang.org/ :   www.ppitokodai.org : www.pmij.org  , dll.

 

Jangan terburu-buru berbelanja di Jepang

Berbelanja di Jepang mulai dari pakaian sampai kebutuhan sehari-hari sebaiknya jangat terburu-buru. Ada baiknya kita melakukan survey di beberapa toko atau tempat untuk mendapatkan toko dengan harga terbaik. Tempat seperti 100 yen shop, 99 shop, Lawson 100 bisa menjadi rujukan.

 

 

Kemudahan dari pemerintah Jepang

  1. Asuransi kesehatan berjalan baik. Jika kita tidak dilindungi oleh suatu agen asuransi, maka kita akan diikutkan dengan asuransi kesehatan nasional dengan membayar iuran tiap bulan. Selanjutnya setiap kali kita ada masalah dengan kesehatan, 70% dari biaya kesehatan akan ditanggung oleh asuransi, 30% sisanya dibebankan kepada kita.
  2. Anak-anak sampai menamatkan sekolah menengah pertama terhitung sejak april 2010 akan mendapatkan bantuan uang cash setiap bulannya sebesar 13.000 yen per bulan ( kira-kira 1,3 juta rupiah ) per orang. Pembayarannya biasanya dirapel sekali beberapa bulan
  3. Bagi wanita yang melahirkan di Jepang, akan menerima bantuan khusus melahirkan yang nilainya kira-kira sekitar 350.000 yen. Menurut informasi dan pengalaman beberapa orang teman, bantuan ini cukup untuk membiayai ongkos melahirkan. Karena melahirkan tidak dianggap sebagai penyakit yang ditanggung oleh asuransi.
  4. Pemerintah Jepang juga memiliki apartemen milik pemerintah yang memberikan kesempatan kepada warganya termasuk pendatang asing untuk bisa tinggal di sana dengan biaya sewa yang lebih murah. Meskipun untuk mendapatkannya diperlukan beberapa persyaratan tertentu.
  5. Wajib belajar bagi anak SD sampai SMP dengan bebas biaya sekolah termasuk buku. Pembebanan biaya antara lain berupa biaya makan siang, jalan-jalan dan seragam. Bantuan dari pemerintah bagi yang membutuhkan tersedia.
  6. Pemegang kartu pelajar Jepang akan mendapat potongan onkos kereta langganan bulanan sebesar 50%. Kartu ini juga bisa digunakan untuk mendapatkan potongan harga ketika ingin mengunjungi museum, dan mungkin yang lainnya.

 

11 Tanggapan to “TIPS JIKA INGIN TINGGAL DI JEPANG DAN KEMUDAHAN YANG DIBERIKAN PEMERINTAH JEPANG”

  1. HHmm… Senang rasanya bisa mendapatkan tips-tips di sini Pak,,

    Salam kenal dan salam semangat selalu

    Owh iya, Blog Anda sudah saya tambahkan di Blogroll bertuliskan Overseas Students and Workers,,,🙂

  2. waaah begitu ya… saya juga ingin segera tinggal di sana.
    terima kasih informasinya ya Pak

  3. sangat membantu krn saya juga lagi menyiapan pindah ke jepang mulai tgl 21 april ini,arigatou🙂

  4. Wah, menyenangkan sekali bs tinggal di jepang. saya ingin sekali belajar bahasa jepang di sana, apa mungkin bisa ya?

  5. Wah, senangnya bisa tinggal di jepang.
    Saya ingin sekali bisa lanjut studi di sana selepas tamat S1 ni. Tapi apa mungkin ya? Ya sangat ingin sekali dapat beasiswa dan belajar di sana. Hehee..

  6. kak, masih tinggal di jepang? boleh minta contactnya? seperti fb/line/email/dll?? saya tertarik melanjutkan study di jepang. makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: