OBJEK WISATA MENARIK DI IKUTA RYOKUCI, KAWASAKI ( ASAO-KU ),JEPANG

Hari Sabtu ini seperti biasa saya tidak ke kampus. Sama seperti Sabtu-Sabtu sebelumnya, saya memanfaatkan kesempatan libur ini untuk jalan-jalan sekedar sight seing. Sayang rasanya kalau waktu yang tidak terlalu lama di negeri orang ini dilewatkan begitu saja dengan hanya berdiam diri di rumah.

 

Kalau pada masa-masa awal keberadaan di Jepang, setiap hari libur tiba, yang terlintas di benak adalah daerah Tokyo atau objek wisata yang sudah terkenal dan kebetulan tempat-tempat ini berada di lokasi yang cukup jauh dengan tempat tinggal saya. Suatu hari seorang teman dan keluarga menginap di apartemen saya. Mereka menginap di tengah liburan dua harinya di propinsi ( prefecture ) tempat tinggal saya. Teman tersebut kebetulan tinggal di propinsi yang berbeda yang jaraknya kurang lebih 2 jam naik kereta api. Waktu itu istrinya sempat memberi komentar apakah saya telah banyak mengunjungi dan menghafal objek-objek wisata yang ada di tempat saya. Saya cukup tersentak dengan pernyataan itu dan menjadi sadar kalau selama ini saya jarang memikirkan hal itu. Teman yang tinggalnya jauh saja datang berwisata ke daerah saya. Ini menunjukkan bahwa ada objek-objek wisata menarik yang ada di tempat saya. Kenapa saya malah belum mengunjunginya, fikir saya saat itu. Dan ternyata benar keesokan harinya saat saya ikut menemani mereka, ada beberapa objek menarik yang kami datangi. Benar kata pepatah bahwa RUMPUT TETANGGA SELALU KELIHATAN LEBIH HIJAU.

 

Sejak saat itu saya mulai mencari-cari informasi tentang tempat-tempat wisata yang terdekat dengan tempat tinggal saya. Cakupannya saya mulai dengan kawasan tingkat Kota terlebih dahulu. Setelah itu nanti meluas ke tingkat propinsi. Dan ternyata benar, saya menemukan beberapa objek menarik yang harus saya kunjungi selama masih di Jepang. Objek pertama yang saya kunjungi adalah kawasan yang bernama Ikuta Ryokuchi. Sabtu kemarin adalah kali kedua saya mengunjungi tempat itu. Dengan jarak kurang lebih 10 km dari apartemen, saya memutuskan untuk menempuhnya dengan bersepeda ria. Kira-kira 1 jam waktu yang diperlukan untuk mencapai lokasi tersebut.

 

 

Ikuta Ryokuci adalah daerah perbukitan yang disebut Tama Hill. Perbukitan ini disulap menjadi objek wisata yang menarik dan menyegarkan. Pepohonan yang banyak tumbuh di sana memberikan suasana hijau dan teduh serta udara yang segar. Agar pengunjung bisa menjelajahi daerah perbukitan tersebut, dibuat anak-anak tangga yang terbuat dari kayu yang jumlahnya sangat banyak, terbentang di sepanjang area wisata itu. Dalam kawasan ini juga terdapat beberapa objek wisata lainnya yakni sebuah museum seni, sebuah museum terbuka yang berisi koleksi rumah-rumah tradisional Jepang yang usianya sudah ratusan tahun ( Rumah-rumah ini dipindahkan dari tempat aslinya ke kawasan wisata ). Ada sekitar 20-an rumah. Kita bisa masuk ke beberapa bagian dalam rumah-rumah tersebut sambil mengamati segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat tradisional Jepang terdahulu.

 

Satu lagi objek yang patut dikunjungi di sana adalah taman bunga rose. Taman yang ditumbuhi oleh berbagai jenis bunga rose dengan bermacam warnanya. Berlokasi di bagian atas bukit ini. Taman ini hanya beroperasi ketika musim semi bunga rose. Dari papan informasi yang ada, saya bisa melihat kalau kita bisa berkunjung ke sana pada pertengahan bulan Mei sampai Minggu pertama bulan Juni kira-kira mulai pukul 09.00 – 16.00 waktu setempat. Sungguh pemandangan yang luar biasa indahnya. Lautan bunga rose beraneka warna, jenis dan bentuk terhampar di tengah perbukitan. Ada kepuasan tersendiri yang dirasakan saat berada di tengah-tengah taman ini.

 

Kawasan wisata ini berada di daerah Asao-ku, Kawasaki-Shi, Kanagawa-ken. Stasiun kereta api terdekat yakni Mukogaoka-Yuen. Dari stasiun kira-kira 10-15 menit jalan kaki. Jarak yang dekat untuk ukuran orang Jepang. Untuk masuk ke kawasan wisata tidak dikenakan biaya alias gratis. Begitu pula dengan taman bunga. Sedangkan untuk museum, kepada pengunjung dikenakan biaya sekitar 500 yen.

Tinggalkan Balasan

