BENKEL/ TOKO SEPEDA DI JEPANG MENYEDIAKAN POMPA SEPEDA SECARA GRATIS

Sudah dua kali ban sepeda saya kemps. Kempes yang tidak disebabkan karena kebocoran tetapi karena pentil bannya lepas dan hilang. Kejadian yang menurut saya cukup aneh dan sedikit menimbulkan prasangka buruk terhadap orang lain. Tapi semoga prasangka ini tidak benar. Karena peristiwa ini saya jadi mendapat pengamalan baru lagi yakni pengalaman memperbaiki sepeda di Jepang. Kali pertama saya harus membeli pentil baru untuk kedua roda sepeda saya. Kebetulan tidak jauh dari apato ada bengkel sepeda. Karena merupakan pengalaman pertama, ada rasa was-was juga. Was-was jikalau saya harus mengeluarkan ongkos servis yang mahal. Tapi ternyata tidak seperti apa yang saya khawatirkan. Untuk kedua pentil bari dan gas ban sepeda, saya saat itu membayar sebesar 200 yen.

Kira-kira 2 minggu setelah itu peristiwa yang sama terulang. Pentil roda depan sepeda saya hilang dan tentu saya bannya jadi kemps. Segera saya bawa ke bengkel yang sama dan untuk itu saya membayar 100 yen ( 10.000 rupiah ). Saat itu sepertinya tukang bengkel tersebut member tahu saya, kalau untuk tambah angin ban saya melakukannya sendiri dengan menggunakan alat pompa yang ada di tempatnya ( kurang yakin 100% juga karena takut salah mengartikan bahasa Jepangnya ).

Peristiwa lain membuat keyakinan saya akan hal tersebut menjadi bertambah. Peristiwa dimana telah dua kali saya memanfaat pompa sepeda secara mandiri di toko/ bengkel sepeda yang lain. Pemilik toko/bengkel tersebut meletakkan pompa di pinggir trotoar di depan tokonya. beberapa kali saya melihat orang-orang menggunakan pompa tersebut tanpa harus membayarnya.

Tinggalkan Balasan

