MAHASISWA JEPANG SUKA PARTY

Telah enam bulan saya menjalani kehidupan sebagai mahasiswa di salah satu universitas di Tokyo. Dalam kurun waktu tersebut sudah empat kali laboratorium saya mengadakan party. Mereka ( sensai dan teman2 ) menyebutnya party, yakni sebuah kegiatan berupa makan bareng yang diikuti oleh seluruh anggota laboratorium termasuk professor dan sensai.

 

Pengalaman party pertama terjadi di minggu pertama kedatangannya saya di Jepang. Waktu itu professor menginformasikan kepada kami sekaligus mengajak bahwa kadang-kadang laboratorium mengadakan party. Baik kecil-kecilan atau agak besar. Untuk penyelenggaraan party, masing-masing orang memberikan iuran dan biasanya kata professor tersebut, sensai menyumbang lebih besar dibandingkan mahasiswa ( mungkin karena sudah punya gaji? ). Besarnya iuran tentunya tergantung jenis party. Untuk party pertama kami mengiur 4.500 yen.

 

Party berlangsung kurang lebih 2 jam. Biasanya party dibuka oleh panitia kecil ( mahasiswa yang kebagian tugas mengurus terselenggaranya party ), lalu dilanjutkan dengan beberapa kata dari professor. Selanjutnya kalau ada orang yang baru, berupa perkenalan atau lain sebagainya. Setelah itu baru makan-makan yang didahului dengan cheers sampange ( moga istilahnya gak salah ) berupa saling membenturkan gelas minum ( tentu tidak sampai pecah, he he ). Karena orang Jepang sudah jamak minum alcohol, biasanya gelas ini berisi minuman alcohol tersebut. Di akhir acara biasanya panitia tadi menyampaikan kata-kata penutup dan dilanjutkan dengan ucapan perpisahan dari seluruh peserta.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: