DUH PINGIN DEH NYOBAIN SEMUA MASAKAN JEPANG

Di sepanjang perjalanan antara apato dan kampus atau ketika melakukan perjalanan di hari libur untuk sekedar refresing, sangat banyak restoran Jepang yang saya lewati. Memang menurut beberapa informasi yang saya dengar, bisnis restoran adalah salah satu bisnis yang sangat berkembang di Jepang. Barang kali ini disebabkan gaya hidup masyarakatnya yang super sibuk dan lebih banyak yang hidup sendiri. Kesibukan membuat mereka tidak sempat untuk memasak makanan di rumah ditambah kehidupan yang menyendiri membuat mereka berfikir bahwa makan di luar lebih efektif dan efisien dalam hal waktu.

 

Menu yang dimiliki restoran biasanya diinformasikan dalam bentuk gambar yang sangat menarik dan dipampangkan di bagian dinding baik bagian dalam ataupun luar ruangan. Dari gambar-gambar menu tersebut saya dapat melihat bahwa sangat banyak variasi menu yang dimiliki oleh restoran Jepang. Menu yang sangat jauh berbeda dengan menu umum di Indonesia. Tidak ada santan, dan banyak menu segar berupa sayur ataupun daging ikan. Di samping dalam bentuk gambar, restoran Jepang juga menampilkan menu-menu yang dimilikinya dalam bentuk tiga dimensi seperti aslinya. Banyak menu yang baru pertama kali saya lihat. Menu yang unik ( mungkin karena perbedaan cita rasa dan budaya ), variatif dan ditampilkan dalam tampilan yang sangat menarik. Ingin sekali rasanya mencicipi semua menu-menu baru tersebut.

 

Keinginan untuk mencicipi menu-menu tersebut terkendala karena faktor kehalalannya. Menurut keyakinan yang saya anut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi makanan. Makanan dengan bahan daging menjadi suatu batasan bagi saya. Keyakinan saya tidak membolehkan saya mengkonsumsi daging babi atau daging hewan lainnya yang disembelih tidak dengan cara sesuai dengan keyakinan tersebut. Sementara daging babi adalah salah satu daging utama di Jepang. Daging hewan lain tentunya tidak disembelih dengan cara yang sesuai dengan keyakinan saya. Hal ini tentunya menjadi faktor yang membatasi keinginan saya untuk mencicipi menu-menu makanan Jepang. Untung saja menu ikan atau hasil laut lainnya juga merupakan makanan favorit Jepang sehingga untuk menu jenis ini bisa saya cicipi. Semoga suatu saat nanti saya bisa mencicipi menu-menu masakan Jepang yang tidak bermasalah dengan kehalalannya. Semoga ada restoran Jepang yang juga menjual menu-menu Jepang yang halal.

Satu Tanggapan to “DUH PINGIN DEH NYOBAIN SEMUA MASAKAN JEPANG”

  1. Bisa ditampilin fotonya gk bos ttg mknannya…mksh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: