PERNAK-PERNIK JEPANG 2

Waktu pembuangan sampah yang terjadwal

Tempat pembuangan sampah umum bisa ditemukan hampir di setiap pinggir jalan blok pemukiman. Beberapa apartemen juga memiliki tempat pembuangan sampahnya sendiri. Di dekat tong sampah ini juga dipampangkan jadwal dan tata cara pembuangan sampah. Misalnya setiap hari Senin, Rabu dan Jum’at untuk sampah rutin rumah tangga. Sabtu untuk botol kaca dan kaleng yang bisa didaurulang dan lain sebagainya. Wadah yang digunakan untuk membungkus sampahpun ditentukan yakni tidak boleh yang bewarna gelap. Masyarakat terbiasa membuang sampah mereka setelah diperlakukan dengan rapih seperti mengikat tumpukan buku, kardus, atau patahan-patahan tanaman.

Hunian tak berpagar atau berpagar minimal

Hunian masyarakat Jepang baik yang berupa apato ataupun rumah tunggal banyak yang tidak dikelilingi oleh pagar. Kalaupun berpagar, pagar tersebut tidak sampai menutupi rumah. Rasa aman yang tercipta di negeri ini telah benar-benar dirasakan oleh warganya.

Parkir sepeda di luar rumah tanpa khawatir akan kecurian

Tidak semua apato memiliki tempat parkir khusus sepeda sehingga sepeda atau mungkin motor hanya diparkir di tempat yang memungkinkan saja seperti di depan atau di samping apato. Sepeda-sepeda ini langsung berhubungan dengan dunia luar hunian. Kondisi ini tidak membuat pemilik sepeda merasa khawatir akan kecurian karena keamanan dan ketertiban yang telah tercipta di bumi Kaisar Akihito ini.

 

Bis umum tidak bisa berhenti sembarangan

halte bis

Jika ingin menaikkan penumpang, bis harus berhenti di tempat yang telah ditentukan yakni halte bis. Halte tidak mesti berupa sebuah tempat yang ada tempat berteduhnya. Bahkan halte lebih banyak hanya berupa sebuah pelang penanda yang berisikan informasi tentang jadwal kedatangan dan keberangkatan bis. Ketika cuaca panas tentunya halte jenis ini sangat tidak nyaman. Calon penumpang yang ingin menggunakan jasa layanan bis ini harus berjalan kaki terlebih dahulu menuju halte.

Anjing adalah hewan peliharaan kesayangan orang Jepang

Pemandangan dimana orang Jepang berjalan-jalan dengan anjing kesayangannya sangat jamak dan akan dengan mudah dijumpai di Jepang. Anjing dengan berbagai jenis mulai dari yang kecil sampai besar, lucu hingga menyeramkan, berbagai ragam bulu dan tingkah laku. Anjing ini menjadi salah satu penyebab pemiliknya saling menyapa. Binatang ini diperlakukan dengan penuh perhatian. Juga sering ditemukan anjing dibawa jalan-jalan dengan menggunakan kereta dorong layaknya kereta dorong bayi. Anjing diberi baju, punya salon khusus dan segala perlakuan lainnya.

 

2 Tanggapan to “PERNAK-PERNIK JEPANG 2”

  1. salam kenal.. saya juga seorang pharmacist, bagaimana klo tukeran link pharmacist site, bloeh?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: