Manusia berencana tapi tetap Tuhan yang menentukan. Begitulah yang terjadi dengan saya hari Minggu kemarin. Ketiga pagi hari menjelang saya telah bersiap-siap untuk kembali mamanfaatkan libur hari minggu dengan bersepeda ria. Suatu cara yang menurut saya sangat menyehatkan dan tentu saja ekonomis. Sehat karena padanya ada unsur olahraga yang memang menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Ekonomis karena saya tidak perlu mengeluarkan ongkos kereta atau bus untuk bisa sampai ke tempat yang menjadi tujuan. Dan satu lagi lebih bersepeda dapat menjangkau lokasi yang rasanya mustahil jika dilakukan hanya dengan mengandalkan jalan kaki. Dan kemarin yang menjadi tujuan saya adalah Tsukiji yakni tempat yang menurut informasi yang saya peroleh merupakan salah satu tempat penjualan ikat terbesar di dunia. Pusat penjualan ikan ini berada di salah satu kawasan di Tokyo. Jarak dari tempat tinggal saya barang kali hampir 20 km.

Segala sesuatu telah dipersiapkan. Tas yang selama ini tak pernah tertinggal telah saya isi dengan sebotol penuh air putih yang tentunya akan sangat dibutuhkan untuk mengusir rasa haus di tengah perjalanan nantinya. Buahpun telah disiapkan untuk menjadi kudapan di sepanjang jalan. Dan satu lagi yang tak kalah pentingnya adalah kamera yang akan mendokumentasikan segala hal menarik yang mungkin akan saya temukan. Dengan penuh semangat, sayapun bergegas ke luar apato menuju sepeda. But alas, dewi fortuna ternyata tidak berpihak kepada saya, ban sepeda belakang ternyata kempes total. Mau dibawa ke bengkel, tempat tersebut baru buka kurang lebih satu jam lagi. Akhirnya saya kembali ke kamar, menunggu sampai kira-kira saya bisa membawa sepeda ke bengkel. Setelah waktunya tiba sayapun membawa sepeda tersebut dan meminjam pompa sepeda yang tersedia di sana. Saya berharap kalau sepeda saya hanya kehabisan angina dan tidak perlu ditambal. Ban sepedapun terpompa penuh, sayapun mulai mengayuhnya menuju Tsukiji yang telah saya rencanakan. Belum terlalu jauh mengayuh, saya perhatikan ternyata ban sepeda saya mulai sedikit kempes. Saya mengambil kesimpulan bahwa ban tersebut bocor dan saya putuskan untuk membatalkan rencana semula. Aklhirnya tujuan perjalanan saya arahkan ke Todoroki Ryokuchi yang jaraknya sangat dekat dari tempat saya berhenti.

Todoroki Ryokuchi adalah salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar di hari libur. Karena jarak yang sangat dekat dari tempat tinggal, saya telah berulangkali ke sana yakni untuk melakukan jogging di pagi hari. Menurut saya objek ini memiliki kekhasannya sendiri yang mungkin membedakannya dengan objek lain. Di sini merupakan perpaduan antara tempat bersantai, berolahraga dan berseni. Tempat ini utamanya adalah pusat kegiatan olahraga. Beberapa lapangan untuk berbagai jenis cabang olah raga tersedia. Dua buah stadium sepakbola yang besar berdiri di sana. Beberapa lapangan tennis, baseball dan arena lari juga ada. Bagi masyarakat yang hobi berenang, sebuah kolam renang juga melengkapi tempat ini. Khusus untuk kolam renang, sesuai dengan kekhasan jepang sebagai negeri dengan empat musim, kolam ini hanya beroperasi di musim panas.

Di samping sarana olah raga, di tempat ini juga berdiri sebuah museum besar yakni museum Kawasaki city. Museum yang buka setiap hari kecuali hari Senin. Sebuah danau buatan  terhampar di tengah area rekreasi ini. Danau yang mendatangkan ketenangan. Masyarakat juga bisa menyalurkan hobi memancingnya di pinggir danau ini yang memang dikelola oleh pihak manajemen. Sarana bermain anak-anak seperti perosotan, ayunan, dan sejenisnya terdapat di beberapa tempat di area objek ini. Dan pada hari Minggu mulai pagi, pengunjung juga bisa berbelanja di pasar yang mirip pasar kaget yang ada di Jakarta. Pepohonan besar membuat tempat ini teduh dan enak untuk mengelar tikar di bawahnya. Suara burung gagak cukup sering terdengar membelah hari. Burung merpati sesekali akan menghampiri para pengujung terlebih jika mereka diumpan dengan makanan kesukaanna.

Beberapa bagian dari tempat ini ditanami dengan bunga. Warna warni bunga menghiasi kawasan ini terutama di musim semi. Sungguh merupakan salah satu tempat yang patut dijadikan area rekreasi keluarga. Di hari Sabtu atau Minggu, banyak orang tua yang bermain sepak bola dan berbagai jenis permainan lainnya. Terlihat betapa orang tua dan anak-anaknya sangat bergembira menikmati kebersamaan tersebut.

3 Tanggapan to “TEMPAT REKREASI KELUARGA YANG ASYIK DAN MENARIK DI NAKAHARA, KAWASAKI, JEPANG ( TODOROKI RYOKUCHI )”

1. Ok bos…good luck

2. budiman-kun Says:

onegai………………

3. Mampir pas Blogwalking gan… sekedar info, klo butuh info terminal di jakarta dan rute angkutannya, silahkan mampir ke Terminal Blok M