ORANG JEPANG DAN KACANG MERAH

Salah satu menu favorit saya ketika makan mpek-mpek di beberapa tempat di Jakarta adalah es kacang merah. Kesukaan terhadap kacang merah ini sebenarnya sudah dimulai sewaktu saya masih kacil dulu. Saya masih ingat ada seorang ibu yang menjual es berbahan kacang merah dengan tampilan berbeda di depan sekolah dasar tempat saya belajar. Es itu begitu enak menurut saya sehingga menjadi salah satu jajanan yang sering saya beli. Sampai saat ini setelah kurang lebih setengah tahun berada di Tokyo Metro, menu berbahan kacang merahpun sering saya konsumsi.

 

Perjumpaan saya dengan kacang merah di Jepang dimulai beberapa waktu lalu. Waktu itu setelah selesai melaksanakan seluruh aktivitas di kampus, saya berniat hendak pulang ke apato. Di tengah perjalanan saya melihat salah satu kue tradisional jepang sejenis klepon atau onde-onde ( nama kue padang ). Terdorong keinginan untuk mencoba kue tradisional Jepang, maka kue tersebut saya beli. Setelah dimakan ternyata di bagian dalam kue tersebut sama seperti klepon yaitu ada isinya. Hanya kalau klepon berisi gula merah, maka klepon Jepang ini berisi kacang merah yang telah digiling halus. Sejak saat itu klepon Jepang menjadi salah satu kue favorit saya.

 

Keinginan saya untuk mencoba kue-kue tradisional yang tidak mungkin bisa ditemui di tempat lain terus menyala. Ada beberapa jenis kue yang telah saya cicipi. Dari beberapa maca kue tersebut, banyak diantaranya yang berisikan kacang berah di dalamnya. Tidak hanya kue tradisional saja, bahkan kue-kue yang tergolong modern pun banyak yang berisi kacang merah. Ada es krim yang bagian dalamnya kacang merah atau kacang merah tersebut tersebar merata di badan es krim tersebut. Ada beberapa roti yang berisikan kacang merah. Sewaktu saya tertarik pada suatu kue berbentuk ikan-ikanan yang banyak dijumpai di berbagai tempat, ternyata isinyapun adalah kacang merah. Satu lagi ketika saya ikut acara masak-masak di tempat kursus bahasa Jepang, salah satu menu pencuci mulut yang dibuat adalah buah stroberi yang diberi lapisat gilingan kacanng merah. Rasanya tidak salah kalau sejak itu saya berfikir kalau kacang merah adalah salah satu bahan yang paling disukai oleh orang Jepang.

 

Kacang merah yang banyak digunakan sebagai bahan makanan di Jepang tidak persisi sama dengan kacang merah yang dipakai sebagai bahan es kacang merah di Indonesia. Kacang merah di Jepang memiliki ukuran yang lebih kecil. Tapi rasanya menurut indra pengecapan saya relatif sama.

5 Tanggapan to “ORANG JEPANG DAN KACANG MERAH”

  1. ehm… jadi kepengen makan es shanghai yg isinya kacang merah, gula merah sama susu dan es serut…
    kacang merah memang lebih nikmat dibandingkan kacang hijau

  2. natsukashiii….
    jadi pengen ke Jepang lagi

  3. Suka kacang merah ya, kl sy sukanya kacang hijau…:–)))

Tinggalkan Balasan

