KESADARAN YANG DIMULAI DARI TIAP INDIVIDU AKAN BERBUAH MANIS

Jalan pagi menjadi salah satu aktivitas rutin saya selama berada di Jepang ini. Udara yang segar karena tingkat polusi udara yang rendah akibat jumlah kendaraan bermotor yang sedikit semakin menambah semangat untuk memulai hari dengan berolah raga pagi tentunya setelah diawali dengan sholat subuh. Keinginan untuk tetap menjaga kesehatan raga dan menurunkan berat badan yang tidak hanya agak, tapi jauh melampaui kondisi ideal menjadi pemicu lain saya melakukan aktivitas yang menjadi salah satu kebutuhan hidup sehat ini.

 

Seperti pepatah lama mengatakan, banyak berjalan, banyak pula yang dilihat. Tempat-tempat pembuangan sampah merupakan salah satu dari sekian banyak objek yang saya bisa lihat di sepanjang jalan yang dilewati. Betapa kesadaran akan pentingnya kebersihan sudah mendarah daging di hati setiap individu, keluarga yang ada di negeri yang dikepalai oleh kaisar Akihito ini. Tempat-tempat sampah umum terdapat di banyak tempat di sekitar pemukiman warga. Jadwal pembuangan sampah dibuat. Tata tertib pembuangannya pun disampaikan. Walhasil dari semuannya itu, saya menyaksikan bahwa secara umum setiap keluarga membuang sampahnya dalam keadaan yang terbungkus rapi dalam palstik sesuai dengan jenisnya. Sampah yang bisa didaur ulang dipisahkan dari yang bukan. Jika ada warga yang habis membersihkan pekarangannya, maka patahan atau potongan tanaman mereka rapihkan dengan cara mengikatnya sehingga tidak merantakan ketika diletakkan di tempat pembuangan sampah. Begitu juga misalnya dengan buku, atau kardus-kardus bekas, juga mereka ikat dengan rapi.

 

Hasil dari kesadaran tiap warga ini, seandainya di Jepang juga terdapat piala adipura, maka seluruh kawasan berhak mendapatkannya. Memang suasana jalan yang bersih bisa disaksikan dimana-mana. Kali-kali terbebas dari tumpukan sampah. Ini menyebabkan air kali menjadi sangat jernih. Bersihnya lingkungan dan segarnya udara semakin membuat nikmatnya melakukan jalan pagi di Jepang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: