MINUM OBAT ??? HATI-HATI DENGAN JUS GRAPEFRUIT

Yang namanya minum satu atau beberapa gelas jus grapefruit tentunya enak dan menyegarkan, disamping tentu saja menyehatkan. Kandungan gizi yang ada pada jus buah seperti vitamin maupun mineral sangat diperlukan oleh tubuh kita. Grapefruit jus barangkali tidak terlalu umum dikonsumsi oleh masyarakat kita. Buah yang termasuk ke dalam jenis jeruk ini memang merupakan buah daerah subtropis. Seiring dengan perkembangan dunia yang semakin tanpa batas, buah ini tentunya juga bisa kita temukan di negeri kita. Berikut gambar buah grapefruit tersebut.

 

Buah ini menjadi perhatian di bidang pengobatan karena dari hasil penelitian diketahui bahwa minuman jus yang diperoleh dari perasan buah ini bisa mempengaruhi efek dari suatu obat. Dengan kata lain obat dan jus grapefruit apabila digunakan secara bersamaan bisa berinteraksi. Cukup banyak obat yang telah diketahui berinteraksi dengan jus grapefruit. Beberapa contoh dari interaksi tersebut adalah sebagai berikut :

  • interaksi yang bermakna : artinya ketika jus grapefruit diminum bersamaan atau berdekatan dengan obat, efek obat bisa menjadi sangat meningkat atau sangat menurun. Sangat meningkat berarti efek obat bisa mencapai dosis toksik atau dosis racunnya sehingga efek samping obat dan efek toksisnyapun meningkat. Sangat menurun berarti obat bisa saja menjadi tidak berkhasiat ( sia-sia minum obat tersebut ). Pada kondisi ini maka konsumsi obat dan jus secara bersamaan atau berdekatan harus dihindari. Contoh obat-obatnya adalah obat hipertensi ( amlodipin, amlodipin, felodipin, nifedipin, ) , obat kolesterol ( atorvastatin, lovastatin, simvastatin ), obat antidepresi ( karbamazepin ), antibiotik ( siklosporin )
  • Interaksi yang tidak bermakna : artinya dari hasil penelitian, jus tersebut dapat mempengaruhi efek suatu obat tetapi dampaknya terhadap khasiat obat tidak cukup berarti. Pemakaian jus dan obat secara bersamaan tidak menimbulkan masalah. Contoh obatnya adalah obat lambung ( lansoprazol, omeprazol ), obat hipertensi ( losartan ), dll
  • Tidak berinteraksi sama sekali.

Mengingat potensi interaksi jus ini terhadap obat, maka langkah terbaik bagi pengguna obat agar khasiat dari obat yang sedang digunakan sesuai dengan yang diharapkan adalah mencari informasi tentang kemungkinan interaksi obat tersebut dengan jus grapefruit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: