MENGURUS CERTIFICATE OF ELIGIBILITY ( IZIN MENDATANGKAN KELUARGA ) DI JEPANG

Hari ini saya menyaksikan aura kebahagiaan yang terpancar dari wajah teman saya. Ia bahagia karena tadi pagi baru saja menerima surat dari petugas pos yang isinya adalah tiga lembar surat CERTIFICATE OF ELIGIBILITY. Kebahagiaan yang disebabkan karena sebentar lagi ia akan segera bisa berkumpul dengan keluarganya yakni suami dan anak-anaknya. Kalau mangacu ke kamus, surat ini berarti sertifikat persyaratan. Saya sendiri agak bingung mengartikan maksudnya. Tapi surat ini merupakan izin yang dikeluarkan oleh pemerintah Jepang bagi seseorang yang telah menjadi warganya/ memiliki kartu tanda penduduk ) untuk mendatangkan anggota keluarganya yang masih berada di luar Jepang agar bisa tinggal bersama di Jepang.

              Untuk memperoleh surat ini, teman saya memerlukan waktu 2 minggu dengan catatan seluruh dokumen yang menjadi persyaratan dipenuhi. Dua minggu adalah waktu antara kita mengajukan permohonan ke kantor imigrasi Jepang sampai surat itu kita terima melalui pengiriman pos ke tempat tinggal kita. Memang salah seorang teman lain yang sebelumnya juga telah mengurus surat yang sama menginformasikan bahwa pengurusan surat tersebut memakan waktu kira-kira 2 sampai 3 minggu. Dokumen yang harus dilampirkan adalah : Paspor anggota keluarga yang akan didatangkan ( teman saya menyerahkan hasil scannya yang bewarna ), akte kelahiran anak yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris ( terjemahan resmi/ juga hasil scan ), kartu kelurga terjemahan dalam bahasa Inggris, surat nikah terjemahan dalam bahasa Inggris( juga hasil scan ) serta pasfoto masing-masing berukuran 3 x 4 satu lembar. Satu lagi karena teman saya adalah mahasiswa penerima beasiswa, maka dia juga harus melampirkan surat keterangan yang menyatakan bahwa dia penerima beasiswa yang juga mencantumkan besarnya nilai beasiswa tersebut. Dari informasi yang ada di dalam surat tersebut diketahui bahwa izin tinggal berlaku selama 1 tahun yang nantinya bisa diperpanjang kembali.

              Teman saya mengurus surat tersebut di kantor imigrasi Jepang yang ada di Shinagawa, Tokyo. Kantor tersebut bisa dicapai dengan bis dari stasiun shinagawa dalam waktu kurang lebih 10 menit. Arah ke terminal bis yang menuju ke kantor imigrasi tersebut bisa dengan mudah ditemukan di papan petunjuk arah yang ada di kawasan stasiun kereta shinagawa. Selain di Shinagawa Tokyo, kantor imigrasi juga ada di Yokohama dan beberapa tempat lain. Setahu saya Yokohama merupakan kantor imigrasi yang paling dekat dengan Tokyo. Pengurusan surat tersebut tidak memerlukan biaya alias gratis. Hanya saja kita juga harus menyertakan amplop beserta perangko balasan dengan nilai yang cukup untuk keperluan pengiriman sertifikat tersebut ketika telah selesai.

             

 

             

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: