PAKET WISATA HEMAT DI TOKYO METRO

Senang juga rasanya mendapat hari libur tambahan di Jepang. Terkadang lucu juga kenapa kok rasa senang itu muncul. Padahal kalau dipikir-pikir sebenarnya tujuan utama kenapa saya ada di Jepang adalah untuk study bukannya untuk liburan. Tapi gak apa-apa namanya juga masih manusia yang selalu senang ketika hari libur tiba. Yaa hari Senin kemarin tanggal di kalender merah sehingga saya tidak pergi ke kampus seperti rutinitas yang selalu saya jalani. Guna mengefektifkan tiga hari libur tersebut, seperti hari-hari libur yang telah lalu, saya memanfaatkan waktu dengan menjelajahi kota Tokyo. Dari hasil browsing di internet ternyata masih banyak spot-spot di Tokyo yang belum saya kunjungi.

 

Selama dua hari saya berkeliling Tokyo memanfaatkan paket transportasi hemat yang ditawarkan oleh perusahaan pengelola transportasi kereta api di Tokyo Metro. Paket yang saya ambil adalah common one day ticket for Tokyo Metro & Toei subway. Paket hemat ini seharga 1000 yen ( kira-kira 100 ribu ) yang dikeluarkan oleh perusahaan Tokyo Metro subway, salah satu pengelola transportasi kereta api terbesar di Tokyo Metro. Dengan tiket ini kita bisa pergi ke seluruh lokasi yang dilalui oleh jalur/line kereta ini ditambah jalur/line dari Toei ( perusahaan kereta api besar lainnya ). Yang pertama punya 9 jalur sedangkan yang kedua 4 jalur yang menjangkau hampir semua kawasan di Tokyo. Tiket ini bisa digunakan selama sehari penuh selama jam operasional kereta api yakni dari jam 5 pagi sampai jam 1 malam. Dengan tiket ini saya memulai penjelajahan saya di Tokyo Metro. Waktu dua hari tentu saja tidaklah cukup untuk mengunjungi semua spot yang ada di Tokyo metro.

 

Bagi yang punya rencana untuk berliburan ke Tokyo dan menginginkan agar liburan tersebut efektif dan efisien, saya sangat menyarankan agar anda juga memanfaatkan paket-paket hemat yang ditawarkan oleh pihak pengelola transportasi Jepang. Sebagaimana diketahui pahwa transportasi utama di Jepang adalah kereta api. Khusus untuk Tokyo metro, ada 3 perusahaan kereta api utama yang masing-masing menawarkan paket-paket menarik yang tentunya lebih hemat. Untuk lebih detil silahkan cek di website berikut ini :

  • www.jreast.co.jp/e/    : Dikenal dengan JR line, paket tidak hanya untuk Tokyo metro tetapi juga untuk kawasan lain di Jepang seperti Osaka, Kyoto, nikko dan lain-lain. Untuk kawasan Tokyo metro, perusahaan menawarkan tiket sehari un limited, ada dua jenis yakni 730 yen, dan 1500 yen. Salah satu diantara paket ini layak dipilih di awal petualangan anda karena jalur kereta api ini tidak rumit. Jalur melingkar yang dimilikinya ( JR yamanote line ) melewati kota-kota utama yang ada di Tokyo seperti Sinjuku, Shibuya, Harajuku, Tokyo, akihabara dan lain-lain dengan objek-objek wisata seperti Istana kaisar, Tokyo Tower, Meiji temple, dll.
  • www.tokyometro.jp/e/ : Perusahaan ini mengelola 9 jalur utama Tokyo. Juga menawarkan tiket sehari unlimited.
  • www.kotsu.metro.tokyo.jp/eng/  : Perusahaan ini ( Toei line ) mengoperasikan 4 jalur utama Tokyo metro. Juga menawarkan tiket sehari unlimited

Kedua perusahaan terakhir ( Tokyo metro dan Toei ) menjangkau lebih banyak lokasi termasuk lokasi-lokasi yang juga dilewati oleh JR line. Kalau anda ingin berpetualang seharian di bawah tanah menggunakan kereta api di Jepang, maka ini pilihan yang tepat. Anda akan menyaksikan kejanggihan stasiun-stasiun bawah tanah yang menakjubkan dan tidak akan dijumpai di Indonesia dalam waktu dekat ini. Berbeda denga JR line, jalur ini cukup kompleks, sehingga kita perlu bolak-balik melihat peta jalur untuk memastikan di stasiun mana kita turun atau berpindah. Anda juga harus siap untuk  berjalan kaki cukup jauh karena terkadang jarak antara satu jalur dengan jalur lainnya ada yang mencapai hampir 0,5 kilometer ( dalam satu stasiun ).

  • Jalur-jalur kereta api yang dioperasikan oleh perusahaan-perusahaan kecil. Perusahaan ini juga menawarkan paket-paket hemat yang sering bekerja sama dengan tiga perusahaan besar di atas.

Dan sebagai panduan bagi anda untuk mengetahui spot-spot mana yang bisa dikunjungi, silahkan browsing website-website wisata yang ada di Jepang. Salah satu yang menurut saya layak dijadikan rujukan adalah www.japan-guide.com . Untuk penginapan yang ekonomis www.sakurahouse.com bisa dijadikan salah satu pertimbangan. Jadi selamat memulai petualangan di Tokyo metro ( Jepang ).

 

 

 

 

 

 

4 Tanggapan to “PAKET WISATA HEMAT DI TOKYO METRO”

  1. asyarel zurisha Says:

    Sy mau tanya paket wisata kejepang,,kira2 agent yg benar2 bs bertangung jawab yg berada dijkt agent apa alamat dimana,,TKS

    • Terima kasih telah sudi mampir ke blog saya. Mohon maaf kalau saya belum bisa memberikan jawaban atas pertanyaannya karena saya belum punya pengalaman dalam menggunakan jasa agen perjalanan baik yang di Jakarta maupun di Jepang.

  2. Kalau pergi dengan anak-anak sebaiknya menginap Dimana ya? Yg murah & Aman. Terimakasih

    • Tks telah mampir ke blog saya pak Hendry. Kebetulan saya juga sering mencari informasi tentang hotel atau penginapan yang murah untuk keluarga karena walau tinggal di Jepang terkadang saya dan keluarga juga pingin nginap ketika melakukan perjalanan yang agak jauh. Pengalaman saya dan keluarga tentang penginapan yang ekonomis dengan pelayanan yang memuaskan ( ukuran kami ) adalah toyoko inn hotel. Cabangnya ada di seantero Jepang dan lokasi cukup dekan dengan stasiun. kamar keluarga untuk satu anak bisa tipe double/ economi double ( kira2 6500 – 8.500 yen), Tokyo biasanya sedikit lebih mahal. Untuk anak dua bisa pilih yang twin biasanya harganya kira2 1000 yen lebih mahal dibanding double. Kita dapat makan pagi yang menurut saya cukup sesuai dengan selera dan nyaman hal ini saya bandingkan dengan hotel smile yang juga pernah saya menginap ( meski tarif smile lebih mahal ). Yaa, menurut saya untuk keluarga hotel toyoko inn bisa dijadikan salah satu pilihan. Pernah juga saya bandingkan dengan Ks house ( juga pernah nginap ) yang terkenal dengan pengianapan yang juga ekonomis, toyoko inn jatuhnya tetap lebih murah. Ks guest house atau sakura gues house ( budget penginapan yang lain ) menetapkan tarif berdasarkan jumlah kepala. Naka-anak di atas 3 tahun dikenakan tarif yang sama dengan dewasa dan satu lagi kita tidak mendapatkan sarapan. Mungkin itu saja yang bisa saya informasikan. Semoga membantu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: