BULAN JULI SEPERTINYA BUKAN SAAT YANG TEPAT BERWISATA KE TOKYO

Tepat merupakan kata sifat yang tentunya memiliki sifat yang relative. Tepat bagi seseorang belum tentu bagi orang yang lain. Nyaman bagi seseorang bisa jadi sebaliknya bagi orang lain. Menurut saya, bulan Juli atau Agustus bukanlah masa yan tepat untuk berwisata ke Tokyo. Ada beberapa alasan yang membuat saya berpendapat demikian :

  1. Sepanjang bulan Juli cuaca di Tokyo sangat panas. Matahari bersinar terik, mulai bersinar sekitar pukul 4.30 pagi dan baru terbenam sekitar pukul 7 sore. Siang jauh lebih panjang dibandingkan malam. Kelembaban udara yang tinggi membuat tubuh merasa gerah dan berkeringat. Situasi seperti ini akan mencapai puncaknya pada bulan Agustus.
  2. Untuk menuju suatu lokasi di Jepang, orang terbiasa mencapainya dengan berjalan kaki dari stasiun terdekat. Di Jepang tidak ada angkot ataupun ojek. Bis ada tapi tidak sebanyak di Jakarta dan onkos cukup mahal kalau dirupiahkan. Taksi cukup banyak tapi harganya lebih mahal lagi. Sekali buka pintu 710 yen ( 71 ribuan ). Berjalan-jalan dalam suasana panas terik tentu saja jauh dari rasa nyaman. Berwisata tanpa berfoto-foto rasanya tidak afdal. Berfoto di tengah terik matahari sering memberikan hasil yang kurang maksimal.
  3. Teman sesama Indonesia saya sangat takut kalau kulitnya berubah menjadi lebih gelap lagi karena terpaan sinar matahari. Ketakutan teman saya tersebut sepertinya banyak dirasakan oleh orang kita. Jadi bagi yang takut kalau kulitnya menjadi bertambah gelap, labih baik berfikir ulang untuk berwisata di bulan-bulan ini.

Sekali lagi hal tersebut di atas sangat bersifat subjektif. Bagi orang yang tidak bermasalah dengan uang, suka musim panas atau hanya ingin bershopping ria di Tokyo, tentunya bepergian di bulan-bulan tersebut tidak menjadi soal. Kereta api yang nyaman dan pusat-pusat perbelanjaan yang berlokasi di sekitar stasiun atau bahkan satu bangunan dengan stasiun akan membuan kita lupa bahwa di luar sana sedang musim panas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: