TINGKAT BUNUH DIRI DI JEPANG ternyata TINGGI

Ada satu hal yang sangat menarik perhatian saya ketika mengikuti seminar internasional mahasiswa di kampus dua hari yang lalu. Salah seorang dari pemakalah menampilkan slide yang menginformasikan tentang beberapa penyebab kematian utama di Jepang. Di dalam slide tersebut saya melihat bahwa ternyata bunuh diri merupakan salah satu diantara beberapa faktor tersebut. Walaupun bukan merupakan penyebab kematian terbesara pertama, tapi dengan persentase 2,8%, jumlah tersebut cukup membuat saya tercengang. Ketertarikan dan keterkejutan itu bisa menghilangkan rasa kantuk yang mulai menghinggapi saya.

              Pada malam harinya setelah saya pulang ke apato, saya mencoba untuk menggali informasi lebih dalam tentang kasus bunuh diri di Jepang. Thanks God, kemajuan teknologi begitu banyak memberikan kemudahan bagi kita. Kemajuan teknologi ini pula yang saya manfaatkan untuk mencari jawaban terhadap rasa penasaran yang sedang menggelayuti fikiran saya. Segera saya buka mesin pencari google, mengetik kata-kata kunci “ suicide in japan “, dan dalam hitungan detik informasi yang saya cari terpampang di monitor laptop. Wikipedia selalu menjadi rujukan pertama yang saya.

              Informasi yang disajikan di wikipedia semakin menguatkan bahwa memang tingkat bunuh diri di Jepang sangat tinggi. Rata-rata tiap tahunnya disebutkan sekitar 30.000 orang meninggal dunia karena bunuh diri. Bahkan ada juga yang mengatakan jumlahnya mencapai 100.000 orang. Jumlah yang tidak sedikit. Beberapa penyebab dari tindakan bunuh diri adalah himpitan ekonomi, tekanan sosial dan lain sebagainya. Dan ternyata terdapat pula tempat-tempat favorit untuk melakukan bunuh diri, diantaranya di sebuah hutan di kawasan gunung fuji, dan rail kereta api. Rail kereta api Chuoo line disebutkan menjadi tempat yang paling banyak dipilih oleh orang yang memutuskan untuk mengakhiri kehidupannya.

              Pilihan yang cukup banyak diambil oleh orang Jepang ini tentunya bukanlah hal yang perlu kita tiru. Dari sekian banyak perilaku positif yang bisa kita ambil dari orang Jepang, tentunya ada perilaku-perilaku yang perlu kita saring. Bunuh diri merupakan tindakan yang sangat dilarang oleh agama yang dianut oleh mayoritas manyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

