LIBUR MUSIM PANAS BAGI MAHASISWA PASCA SARJANA DI JEPANG

Salah satu buku panduan yang dibagikan oleh pihak lampus ketika saya mengikuti acara penyambutan mahasiswa baru awal semester lalu adalah buku panduan perkuliahan. Salah satu informasi yang ingin saya ketahui ketika itu adalah jadwal kalender akademik kampus terutama yang menyangkut jadwal libur mahasiswa. Ternyata saya tidak menemukan apa yang saya cari ketika itu, bukan karena saya tidak mengerti arti tulisan yang memang ditulis dalam bahasa Jepang, tapi karena informasi tersebut memang tidak ada. Mau bertanya sama professor kok rasanya sungkan. Masak perkuliahan baru saja dimulai, saya sudah menanyakan hari libur.

 

Sebetulnya masalah liburan bagi mahasiswa pascasarjana ini pernah saya tanyakan juga kepada teman yang lebih dulu setahun dibandingkan saya kuliah di Tokyo. Saat itu dia menjawab bahwa dia sendiri juga tidak tahu. Kata teman saya tersebut dia tidak pernah mengetahui kapan jadwal pasti masa liburan untuk mahasiswa pascasarjana. Biasanya kalau mau libur seperti ingin pulang ke Indonesia, kata teman saya lagi kita langsung saja minta izin sama professor pembimbing. Biasanya akan dikasih izin. Terhadap teman Jepang yang kebetulan satu laboratorium saya pernah juga menanyakan hal yang sama. Jawabnya memang pada musim panas kita mendapatkan libur selama 2 minggu yang waktu pengambilannya fleksibel dengan kesepakatan harus ada minimal satu orang yang tetap berada di laboratorium. Tetapi ketika saya Tanya kapan waktu pastinya, teman Jepang tersebut juga tidak ingat persis.

 

Baru sekitar dua minggu yang lalu saya melihat ada dua lembar kertas yang ditempel di white board. Saya lihat di sana ada nama saya, sehingga saya kemudian bertanya kepada teman Jepang. Dia bilang bahwa itu adalah jadwal liburan. Di dalam jadwal tersebut ditulis kolom-kolom yang siap untuk dicheck list yakni dari tanggal 24 Juli sampai 4 September. Teman Jepang saya kalau kita ingin mengambil liburan musim panas, kita tinggal memberi tanda check list pada kolom-kolom tersebut dan sebaiknya sebelumnya sudah memberitahukan terlebih dahulu kepada sensai yang ada di laboratorium.

 

Kebetulan untuk tahun ini saya tidak berencana untuk mengambil liburan musim panas, karena saya sudah punya rencana lain. Saya berencana untuk pulang ke Indonesia pada akhir bulan September. Sehingga saya menghadap kepada professor dan menyampaikan maksud saya bahwa saya ingin mengalihkan jatah libur musim panas ini pada waktu yang lain. Alhamdulillah professor pembimbing saya yang baik hati tersebut memberi izin kepada saya untuk pulang ke Indonesia selama 3 minggu pada waktu yang telah saya rencanakan.

Tinggalkan Balasan

