ANAK KECIL TIDAK PERLU BAYAR TIKET KERETA API

              Hari Sabtu yang lalu saya sempat mengantarkan teman yang kebetulan ibu-ibu beserta anak dan suaminya yang baru beberapa hari tiba di Jepang ke stasiun kereta api. Karena hari itu merupakan pengalaman pertama bagi teman saya tersebut berkereta api dengan membawa anak-anak, maka dia meminta saya untuk menemaninya sampai di stasiun, khawatir keliru ketika membeli tiket dan segala sesuatunya yang berhubungan dengan kereta api. Yang membuat kami agak ragu adalah salah seorang anak teman saya tersebut saat ini telah berusia 6 tahun lebih 3 bulan dengan tubuh yang agak tinggi. Menurut informasi yang pernah say abaca di salah satu situs perusahaan kereta api di Jepang, anak yang berusia 6 tahun ke bawah di bebaskan dari biaya tiket perjalanan atau anak yang berusia lebih dari enam tahun tapi belum masuk sekolah.

              Untuk menjawab kegaruan tersebut, maka kami bertanya kepada salah seorang petugas kereta api yang sedang bertugas di pintu gerbang/ gate masuk/keluar stasiun. Kepadanya kami tanyakan apakah anak teman saya tadi perlu membeli tiket kereta api. Petugas tersebut balik bertanya kepada kami berapa usia anak itu. Kami jawab enam tahun lebih beberapa bulan. Kemudian ia bertanya lagi apakah anaknya sudah bersekolah? Karena memang anak teman saya itu baru selesai sekolah taman kanak-kanak dan belum mendaftarkan diri ke sekolah dasar baik di Jakarta atau Jepang, maka kami jawab belum. Petugas tersebut selanjutnya mengatakan kepada kami bahwa anak teman saya tersebut tidak perlu membeli tiket untuk melakukan perjalanan dengan kereta api.

              Memang dalam ketentuannya, satu atau dua orang anak yang berusia enam tahun ke bawah tidak perlu membeli tiket jika ditemani oleh satu orang dewasa. Jika anak tersebut bepergian sendiri, maka mereka dikenakan tarif separuh orang dewasa ( Mungkn gak yaa anak enam tahun ke bawah bepergian sendiri ? ). Jika satu orang dewasa membawa tiga orang anak yang berusia enam tahun ke bawah, maka 1 orang dari anak tersebut harus membeli satu tiket anak ( setengah harga tiket dewasa ).

2 Tanggapan to “ANAK KECIL TIDAK PERLU BAYAR TIKET KERETA API”

  1. info dari mana bos,.. kalo blh tau sumbernya…!
    memang ketentuan dari PT.KAI seperti itu, tapi kadang kondektur yg miskin ini suka ngolot, ngotot lagi.
    kalo ada sumbernya gw mo prin,.. mo bawa suatu saat ada hal seperti itu, gw mo jejelin ke matanya.

    • Mohon maaf, ketentuan tarif kereta api anak yang saya maksudkan di sini adalah untuk penggunaan kereta api di Jepang. Kalau untuk PT KAI saya tidak tahu. Tks atas kunjungannya

Tinggalkan Balasan

