MENDAFTARKAN SEKOLAH ANAK DI JEPANG

              Kemarin saya bersama seorang teman pergi ke Kawasaki education centre . Tujuan kami ke sana adalah untuk mencari informasi tentang bagaimana cara mendaftarkan anak  teman saya tadi di sekolah dasar di Kawasaki Jepang. Sehari sebelumnya teman saya telah membuat janji dengan salah seorang staf kantor tersebut dan janjinya adalah siang kemarin. Kami datang ke sana tepat waktu karena kami ingin mengikuti tradisi orang Jepang yang konon sangat disiplin akan waktu. Kami sampai di tempat tersebut dengan mengacu kepada peta lokasi yang kami punya yang sebagaimana layaknya peta suatu lokasi di Jepang yang selalu berpatokan pada stasiun kereta api. Kami berjalan kaki kurang lebih 10 menit dari stasiun kereta api terdekat.

              Sesampainya kami di instansi tujuan, kami langsung mencari staf yang hendak kami temui. Petugas tersebut mengajak kami ke sebuah ruangan yang cukup nyaman dan selanjutnya mulai melakukan beberapa pernyaan kepada teman saya. Dia langsung mengumpulkan informasi tentang data anak teman saya tersebut. Dari petugas tersebut kami mendapatkan informasi sebagai berikut :

  • Proses pendaftaran anak teman saya ke sekolah dasar Jepang bisa dilakukan. Itu artinya anak teman saya tadi bisa mulai belajar pada bulan September ini.
  • Tahun ajaran baru di Jepang dimulai pada awal bulan April.
  • Petugas tersebut meminta teman saya untuk membawa anaknya ketika melakukan pendaftaran ( saat itu teman saya tidak membawa serta anaknya kerena memang tujuan kami waktu itu baru sebatas mencari informasi ). Petugas tersebut mengatakan bahwa perlunya anak dibawa serta adalah agar mereka bisa menilai si anak secara langsung seperti karakter si anak.
  • Seorang anak yang ingin mendaftarkan diri ke sekolah dasar harus telah berumur 6 tahun. Usia yang kurang dari enam tahun walaupun sehari tidak bisa diterima.
  • Pihak Kawasaki education centre akan mencarikan sekolah dasar yang lokasinya dekat dengan lokasi tempat tinggal teman saya.
  • Di Jepang sekolah dasar sampai sekolah menengah atas pada umumnya milik pemerintah. Hanya ada sebagian kecil yang dikelola oleh swasta.
  • Apabila seorang anak telah selesai menamatkan sekolah dasarnya, maka untuk melanjutkan ke sekolah menengah pertama, anak tersebut tidak perlu mengikuti test masuk. Sedangkankan ketika seorang siswa yang tamat sekolah menengah pertama ingin melanjutkan ke sekolah menengah atas, maka ia harus melewati test masuk
  • Bagi mereka yang gagal dalam test masuk sekolah menengah atas, maka mereka bisa mengikuti sekolah malam hari. Menurut petugas tersebut tingkat kelulusan tinggi sampai lebih dari 90 persenan.

Tinggalkan Balasan

