SEPERTINYA MUSIM PANAS TELAH BERLALU DI JEPANG

              Dua hari terakhir udara di Tokyo Metro terasa cukup dingin. Memang tidak sedingin saat musim dingin tapi ketika kita berada di luar rumah untuk waktu yang cukup lama, kita sepertinya sudah memerlukan sweater atau sekedar baju lengan panjang. Yaa sejak pertengahan bulan September ini udara Tokyo Metro memang sudah mulai terasa lebih nyaman di bandingkan ketika musim panas. Dinginnya udara ini juga disebabkan oleh frekuensi hujan yang cukup sering terjadi yang terkadang berlangsung sepanjang hari. Sayapun sudah beberapa malam terakhir memerlukan selimut tebal untuk menambah kenyamanan selama tidur. Dari ramalan cuaca di internet, cuaca dalam seminggu ke depan lebih didominasi oleh hujan dan berangin.

              Dinginnya udara Tokyo Metro sepertinya tidak hanya merupakan perasaan subjektif saya semata. Beberapa hal yang mendukung persaan saya ini bisa saya kemukakan sebagai berikut : Kaum laki-laki Jepang yang hendak berangkat ke tempat kerja sudah kembali mengenakan baju jasnya selama dalam perjalanan. Suasana yang tidak lagi saya jumpai ketika musim panas sedang berlangsung antara bulan Juni sampai Agustus atau awal September kemarin. Ketika itu mereka hanya mengenakan kemeja yang terkadang tanpa dilapisi oleh baju dalam. Hal lain adalah dari gaya mahasiswa yang beberapa waktu lalu umumnya mengenakan pakaian yang cenderung minim, sekarang banyak yang sudah mengenakan baju penjang lengan atau yang agak tebal.

Bergantinya kondisi udara di Tokyo Metro ini juga menandakan pergantian musim dari musim panas ke musim gugur. Banyaknya daun yang mulai berguguran bahkan sudah ada pohon yang mulai gundul juga semakin menandakan bahwa musim panas telah berganti dengan musim gugur. Saya membayangkan kalau udara akan terasa nyaman pada musim gugur ini pada saat tidak ada hujan. Kenyamanan udara ini tentunya akan membuat orang-orang yang melakukan perjalanan menjadi nyaman pula sehingga sepertinya saat musim gugur ini merupakan waktu yang asyik untuk datang ke Tokyo dan mengelilingi bumi sakura ini. Tapi dari beberapa informasi bahwa masa yang paling indah untuk menikmati musim gugur adalah pada pertengahan November dimana saat itu warna dedaunan yang akan gugur berubah menjadi aneka warna.

             

2 Tanggapan to “SEPERTINYA MUSIM PANAS TELAH BERLALU DI JEPANG”

  1. kapan akhir musim gugurnya? ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: