MUSIM GUGUR PERTAMAKU DI TOKYO METRO

Genap sudah musim yang saya alami di negeri Kaisar Akihito ini. Musim dingin adalah saat pertama yang saya rasakan di Jepang yang berlangsung antara bulan Desember sampai Pertengahan Maret. Berseminya bunga sakura pada akhir-akhir bulan Maret menandai berakhirnya musim dingin dan berawalnya musim semi. Musim semi yang yang berlangsung sampai kira-kira bulan Juni tersebut segera disambut oleh musim panas yang sangat menggerahkan Jepang. Dan Setelah musim panas berakhir maka segera disambut oleh musimm gugur.

 

Musim gugur yang oleh masyarakat Jepang disebut dengan Aki adalah masa yang menurut saya sangat nyaman. Nyaman dalam arti udara Jepang menjadi terasa sejuk mendekati agak dingin. Kesejukan musim gugur ini sudah mulai terasa pada akhir-akhir bulan September, setidaknya begitulah yang saya rasakan dan alami. Udara sejuk dan agak dingin yang saya maksudkan adalah ketika kita berada di luar ruangan seperti saat dalam perjalanan, kita memerlukan sehelai baju panjang lengan sebagai pelindung tubuh dari dinginnya udara di samping pakaian utama. Saya sendiri memerlukan baju sweater untuk mendapatkan rasa nyaman. Anak-anak sekolah sudah kembali memakai jas ketika berangkat ke sekolah. Begitu pula dengan para pekerja pria atau wanita. Jas yang tidak pernah dikenakan di jalan ketika musim panas lalu.

 

Kesejukan udara membuat saya berfikir bahwa musim gugur merupakan salah satu masa yang paling tepat bagi siapapun yang ingin menikmati suasana outdoor / luar ruangan di Jepang. Seberapa jauhpun kita melakukan perjalanan sepertinya tidak akan membuat badan kita berkeringat dan kehausan. Kesejukan udara tidak hilang meskipun ketika matahari memancarkan sinarnya dengan terang di siang hari. Satu hal lagi yang berbeda dengan musim gugur dibandingkan dengan musim panas sebelumnya adalah malam menjadi lebih pendek dibandingkan siang. Matahari bersinar kira-kira pukul 6 lebih dan terbenam pada pukul 5 sore. Malam akan semakin memendek dari hari ke hari sampai berakhirnya musim dingin nanti. Saat ini dedaunan sudah mulai banyak yang berguguran dan menurut informasi akan mencapai puncaknya pada bulan November. Keindahan musim gugur katanya tidak kalah dengan saat musim semi dimana daun-daun yang sebelumnya hijau akan berubah warna sebelum mereka berguguran. Masa itu terjadi pada pertengahan bulan November.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: