ORANG JEPANG DAN ANJING PELIHARAAN

              Menyaksikan begaram jenis anjing peliharaan merupakan salah satu hal yang akan sering terjadi di Jepang. Yaa, anjing sepertinya juga merupakan binatang peliharaan favorit bagi orang Jepang sebagaimana halnya yang mungkin terjadi di banyak tempat lain. Saat kita melakukan perjalanan di luar rumah, kita akan sering menjumpai masyarakat Jepang yang berjalan bersama anjing-anjing kesayangan mereka. Anjing kesayangan dengan jenis dan bentuk yang bermacam-macam. Mulai dari anjing yang sangat kecil ukurannya sampai yang mungkin sama besar atau bahkan lebih besar dari majikan yang membawanya ( tentunya jika anjing tersebut ditimbang beratnya atau diberdirikan seperti manusia). Mulai dari yang berbulu sangat tebal sampai anjing yang nyaris tanpa bulu. Dari yang bertampang sangat lucu sampai yang menyeramkan. Pokoknya segala jenis anjing akan kita jumpai di Jepang.

              Terkait dengan anjing peliharaan ini, ada kebiasaan dari pemilik anjing tersebut yang sering menjadi perhatian saya. Bahwa orang Jepang sangat peduli dengan kebersihan diri dan lingkungannya, kita pasti sudah sering mendengarnya. Dan hasilnya adalah kita akan jarang menemukan sampah-sampah produk manusia ( bukan produk alam seperti daun yang rontok dari pohonnya ) berserakan di sepanjang jalan yang kita lewati. Tradisi dalam menjaga kebersihan ini juga mereka terapkan dalam memelihara anjingnya. Sering saya temukan para pemilik anjing yang kebetulan sedang mengajak anjingnya berjalan-jalan sedang menyirami tempat yang baru saja menjadi tempat anjingnya pipis dengan air yang sengaja mereka bawa dengan sebuah botol. Atau sering pula saya saksikan para pemilik anjing yang sedang menunggui anjingnya yang sedang buang air besar di atas beberapa helai tissue yang sudang mereka persiapkan untuk selanjutnya mereka bungkus dan dibawa untuk selanjutnya mungkin akan mereka buang di suatu tempat. Pokoknya mereka tidak membairkan hewan peliharaannya membuang hajat di sembarang tempat yang tentunya akan mengotori lingkungan. Tapi hal ini bukan berarti semua orang tertib seperti itu karena pernah pula saya walau sangat jarang menemukan kotorang anjing di jalanan yang biasa saya lewati ketika berolahraga pagi. Selalu saja ada orang yang menyimpang di manapun, Cuma di Jepang penyimpangan itu sangat kecil.

              Orang Jepang sering saling mengagumi anjing peliharaan yang mereka bawa. Kebiasaan ini sepertinya bisa menjadi salah satu pembuka pembicaraan bagi mereka ketika saling bertemu. Orang Jepang memang memperlakukan anjing peliharaan mereka dengan perlakuan yang sangat istimewa. Kalau di Jakarta yang biasa didorong oleh orang dewasa di dalam kereta dorong yaitu anak bayi, maka jangan kaget kalau di Jepang karena anjingpun memiliki kereta dorong sendiri. Di samping itu tentunya baju-baju yang lucu juga dipersiapkan untuk anjing-anjing kesayangan mereka. Orang jepang dan anjing peliharaan sepertinya susah untuk dipisahkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: