SEBAIKNYA PENGGUNA OBAT MEMILIKI BUKU ISO DI RUMAHNYA ( Informasi Spesialite Obat )

              Beberapa tahun yang lalu saat saya masih menjadi apoteker penanggung jawab di salah satu cabang apotek Kimia Farma di daerah Sanur Bali, beberapa kali saya melayani konsumen asing yang datang ke apotek dengan membawa buku yang berisikan nama-nama obat. Konsumen asing tersebut pada saat itu menunjukkan kepada saya obat yang sedang dicarinya yang ada di dalam daftar obat di dalam buku yang dia bawa. Obat yang dia tunjukkan itu adalah obat dengan nama dagang yang merupakan produk obat di negara asalnya. Tetapi dengan melihat komposisi yang dikandung oleh obat tersebut saya segera memberitahukan kepadanya bahwa obat yang sedang dia perlukan ada di apotek saya dengan nama dagang lain dan merupakan produk Indonesia. Konsumen atau pasien asing tersebut lalu menyetujui untuk membeli obat yang saya tawarkan.

              Kejadian tersebut membuat saya berfikir bahwa ternyata pengguna obat asing tersebut memiliki pemahaman yang baik tentang obat yang digunakannya. Dia tidak mempermasalahkan merek atau nama dagang dari obat, tetapi yang penting baginya adalah zat aktif/ zat berkhasiat yang dikandung oleh produk obat tersebut. Hal lain yang saya fikirkan adalah bahwa ternyata konsumen asing tersebut ternyata tidak asing dengan buku yang di dalamnya memuat obat-obat yang beredar di tengah masyarakat. Kondisi orang asing tersebut saya bandingkan dengan konsumen domestik yang pernah saya layani. Belum pernah saya menemukan konsumen lokal yang datang ke apotek dengan membawa-bawa buku sejenis. Bahkan tidak jarang ada yang terheran-heran ketika saya memperlihatkan buku tersebut kepada mereka.

              Sebenarnya di Indonesia juga ada buku yang berisi tentang nama-nama obat yang beredar di Indonesia. Tidak hanya sekedar berisi nama-nama obat saja, tetapi juga mencakup informasi tentang obat tersebut secara ringkas. Informasi yag bisa ditemukan antara lain tentang nama dagang yang beredar, kandungan zat aktif obatnya, aturan penggunaan obat ( dosis, frekuensi pemakaian ), efek samping dan hal-hal lainnya. Dari buku tersebut kita juga bisa mengetahui misalnya bahwa ternyata amoksisilin diproduksi oleh beberapa pabrik obat dengan nama dagang yang mereka sukai. Sehingga umpamanya suatu saat kita membutuhkan obat yang ditulis dengan nama dagang dan ternyata kita sulit mendapatkan merek tersebut, kita tingga melihat komposisi obat tersebut dan mencari nama dagang lain yang mengandung obat yang sama.

              Nama buku yang memuat informasi tersebut adalah ISO Indonesia ( Informasi Spesialite Obat Indonesia ). Buku tersebut bisa dibeli di toko buku seperti Gramedia. Mengingat begitu besar manfaat dari buku ISO ini, sudah selayaknya masing-masing keluarga Indonesia memilikinya di rumah masing-masing. Harganya juga terjangkau. Dengan memiliki buku ini maka sedikit demi sedikit kita akan jadi lebih familiar dengan obat yang menjadi salah satu kebutuhan pokok kita.

             

3 Tanggapan to “SEBAIKNYA PENGGUNA OBAT MEMILIKI BUKU ISO DI RUMAHNYA ( Informasi Spesialite Obat )”

  1. Informasi yang sangat baik

  2. 10 nama obat yang berkhasiatbitu ap saja ? terus ad komposisi,indikasi cara kerja dan dosisny ?

Tinggalkan Balasan

