DIET UNTUK MENGURANGI BERAT BADAN

              Kelebihan berat badan biasanya disebabkan oleh ketidak seimbangan energi dimana seseorang mengkonsumsi kalori yang berasal dari makanan ataupun minuman melebihi jumlah kalori yang dibakar selama aktifitas hariannya. Untuk mengurangi berat badan maka kita harus mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Cara yang terbaik adalah kombinasi antara pengurangan asupan kalori dan peningkatan aktifitas fisik. Penurunan asupan kalori harian sebesar 500 sampai 1000 kalori dapat menurunkan berat badan seberat 1 sampai 2 pond ( hampir 0,5 – 1 kilogram, 1 pond = 0,453 kilogram ).

              Makro nutrisi utama dalam diet manusia adalah karbohidrat, protein dan lemak. Salah satu panduan diet menyebutkan bahwa komposisi makanan yang baik sebagai sumber energi terdiri dari 45 – 65% dari karbohidrat, 10 – 35% dari protein dan 20 – 35% berasal dari lemak. Komposisi ini juga direkomendasikan untuk diet mengurangi berat badan. Komposisi diet antara karbohidrat dan protein bersifat fleksibel sedangkan lemak harus dijaga agar tetap berada pada rentang persentase yang ditentukan.

              Para ahli di bidang penurunan berat badan terdahulu menganjurkan diet dengan persentase karbohidrat yang lebih tinggi ( 55% atau lebih dari total kalori ) dan persentase protein yang lebih rendah ( kira-kira 15% ). Tetapi dengan komposisi seperti ini, menyebabkan tidak semua orang mematuhi program diet yang telah ditetapkan karena tidak tahan terhadap rasa lapar yang timbul selama program. Hasil ini berbeda dengan program diet yang mengandung komposisi protein lebih tinggi yang mampu menekan rasa lapar.  Dari ketiga komponen utama diet, protein memiliki indeks kenyang tertinggi dengan kata lain komposisi diet dengan komposisi protein yang tinggi akan membantu mengurangi frekuensi dan jumlah makan yang disebabkan perasaan kenyang. Dengan berkurangnya frekuensi makan dan jumlah asupan makanan dan dikombinasikan dengan aktifitas fisik yang teratur, maka program penurunan berat badan akan lebih cepat berhasil. Sehingga komposisi diet dengan kandungan protein yang lebh tinggi dapat dijadikan pilihan utama untuk menurunkan berat badan.

              Salah satu strategi yang bisa dilakukan untuk melaksanakan diet dengan komposisi protein tinggi ini adalah dengan mengganti snack/ makanan kecil yang selama ini mungkin terdiri dari karbohidrat tinggi, rendah lemak seperti kue/ roti dari beras atau tepung dengan snack kaya protein seperti keju rendah lemak, atau kacang yang dimasak dengan cara disanggrai/ bukan digoreng. Hal yang penting dilakukan adalah mengecek jumlah kalori dari setiap makanan yang kita konsumsi . Mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan serat juga perlu menjadi perhatian.

Satu Tanggapan to “DIET UNTUK MENGURANGI BERAT BADAN”

  1. you are really a excellent webmaster. The site loading velocity is incredible.
    It sort of feels that you are doing any unique trick. In addition, The
    contents are masterwork. you’ve performed a fantastic
    job on this subject!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: