SEPERTINYA MUSIM DINGIN TELAH MENGHAMPIRI JEPANG

              Hari ini tenyata sudah menginjak hari yang ke-9 di bulan Desember. Itu berarti tepat enam hari lagi saya akan merayakan satu tahun keberadaan saya di bumi Sakura. Ada hal yang sedikit berbeda saya rasakan beberapa hari belakangan ini. Udara terasa lebih dingin dibandingkan sebelumnya, baik di siang hari ataupun pada waktu malam. Pakaian tidur yang biasanya mampu mendatangkan kenyamanan, sepertinya telah hampir kalah melawan gejala alam. Telepak tanganpun sudah mulai terasa dingin ketika ditempelkan ke pipi tidak seperti saat musim gugur. Memang seminggu yang lalu sempat terjadi angina besar. Saat itu saya mengira kalau musim dingin akan segera datang. Saya menduga seperti itu karena saya pernah mendengar kata-kata salah seorang teman yang sudah lebih sepuluh tahun tinggal di Jepang yang mengatakan bahwa pada saat pergantian musim biasanya sering terjadiangin kencang.

              Ketika saya melakukan rutinitas jogging di pagi hari, saya pun mulai melihat perubahan pada masyarakat yang berlalu lalang. Kaum pria yang pada saat musim gugur biasanya mengenakan baju jas sebagai lapisan terluar, beberapa hari ini sudah mulai memakai baju panjang tambahan yang mirip pakaian bintang Ohara dalam film yang terkenal belasan tahun lalu. Anak sekolah sudah banyak yang mulai mengenakan sarung tangan, begitu pula dengan kaum ibu dan bapak. Sudah banyak masyarakat yang mulai mengenakan syal di leher.

              Saya teringat saat pertama kali menginjakkan kaki di Jepang setahun lalu. Waktu itu saya sudah harus langsung mengenakan pakaian dingin lengkap termasuk topi tebal ( sebo ? ) karena telinga dan kepalapun merasakan hawa dingin. Pendek kata hanya wajah saja yang terbuka itupun terkadang syal harus ditarik menutupi bagian dagu sampai ke mulut. Masa itu berarti tinggal enam hari lagi. Tetapi jika saya melihat kondisi sampai hari ini sepertinya musim dingin tahun ini datang lebih lambat dibandingkan tahun lalu.

              Musim dingin terlambat datang? Mungkin saja. Saya teringat apa yang dikatakan teman saya selesai sholat Jum7at minggu lalu. Teman tadi bilang bahwa besok harinya orang tuanya akan kembali ke Indonesia. Padahal sebetulnya ia ingin sekali memperlihatkan Jepang di musim dingin kepada orang tuanya tersebut. Tetapi kata teman tadi sepertinya tidak bisa. Dari perkataannya saya mencoba menerka-nerka. Dan terkaan saya adalah bahwa musim dingin tahun ini datang lebih lama dibandingkan tahun lalu. Teman tadi pasti telah merencanakan kepulangan orang tuanya setelah musim dingin datang. Tetapi setelah ditunggu-tunggu belum datang juga, akhirnya dia dan orang tuanya memutuskan untuk pulang saja ke Indonesia walaupun musim dingin belum menjelang.

              Tapi hari ini sepertinya musim dingin itu telah mulai tiba. Teman sekampus dengan saya telah mulai mengenakan baju dingin. Akan tetapi saya sampai saat ini masih mengenakan pakaian yang mirip dengan musim gugur ketika pergi ke kampus. Hal ini karena saya merasa masih nyaman dengan pakaian seperti ini. Entahlah, apakah besok saya sudah harus mulai mengenakan pakaian dingin? Just see!

Tinggalkan Balasan

