VOLUNTER BAHASA JEPANG YANG BAIK

Bisa berkomunikasi dalam bahasa Jepang adalah salah satu keinginan kami sekeluarga yakni saya, istri dan anak-anak. Penguasaan terhadap bahasanya Kaisar Akihito ini tentunya akan menjadi salah satu kenangan sekaligus merupakan oleh-oleh yang paling berharga bagi kami nantinya setelah tiba saatnya kelak kami harus meninggalkan negeri tersebut kembali ke tanah air tercinta, Indonesia. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, kamipun berupaya untuk bisa belajar bahasa Jepang dengan berbagai cara. Diantaranya dengan mengikuti kelas bahasa Jepang gratis yang ditawarkan oleh ward office dimana kami berdomisili. Saya sendiri sudah setengah tahun bergabung dengan kelas tersebut. Walau masih jauh dari bisa, tetapi ada kemajuan yang saya rasakan. Sementara istri yang baru beberapa bulan tinggal bersama saya, juga telah merasakan bagaimana suasana kelas bahasa Jepang gratis yang digawangi oleh para tenaga sukarelawan yang sebagian besar berusia lebih dari separuh baya tersebut. Tapi sayang, karena memiliki bayi yang masih belum bisa ditinggal, maka istri saya harus rela beristirahat sejenak dari kursus yan telah satu setengah bulan dijalaninya dimana pada masa-masa tersebut ada orang tua yang bisa menjaga anak kami di rumah ketika sedang belajar. Sekarang orang tua telah kembali ke Indonesia.

Suatu ketika saya menyampaikan kepada volunteer ( sukarelawan ) yang mengajarkan bahasa Jepang kepada istri saya sebelumnya bahwa mulai Minggu sebelumnya istri saya tidak bisa lagi datang ke kelasnya dengan alasan seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Tanpa saya duga sama sekali, ternyata volunteer tersebut yang adalah seorang wanita, menanyakan kepada saya apakah di sekitar apartemen kami tinggal ada tempat yang bisa dipakai untuk belajar bahasa Jepang. Saat itu saya jawab tidak tahu karena memang demikian adanya. Lalu sensai tadi ( begitu kami menyebutnya ) kembali bertanya pada saya tentang alamat apartemen. Setelah saya beritahukan, sensei tadi bilang bahwa ada sebuah gedung instansi publik di sekitar apartemen kami yang mungkin memiliki ruangan yang bisa digunakan untuk belajar. Gedung yang ia sebutkan yang kebetulan saya tahu, adalah sebuah perpustakaan. Ia meminta saya untuk menunggu karena ia akan mencoba mencari tahu tentang kemugkinan bisa atau tidaknya belajar di sana. Pada pertemuan kami berikutnya, sensai tadi menyampaikan kepada saya bahwa tidak ada tempat yang bisa digunakan di sana. Sensei tadi lalu minta saya untuk kembali menunggu karena ia akan mencoba mencari tempat yang lain.

Kira-kira seminggu setelah itu, Sensei tadi menelpon saya untuk memberitahukan bahwa dia telah menemukan tempat yang bisa digunakan untuk belajar bahasa Jepang. Tempat tersebut ternyata berjarak sangat dekat dengan apartemen kami, sekitar 100 meter. Tentu saja kami sangat senang mendengar informsi tersebut. Segera sensai tadi mengajak kami untuk bertemu untuk membicarakan langkah berikutnya yakni kapan kami bisa mulai dan sekaligus menunjukkan kepada kami tempat yang akan digunakan untuk belajar nantinya. Saya sempat menanyakan kepadanya tentang biaya yang mungkin perlu kami siapkan mengingat ia harus mengeluarkan biaya transportasi untuk bisa sampai ke tempat belajar yang tidak bisa dibilang dekat dari rumahnya meskipun berada di kawasan yang sama. Sensai tadi bilang bahwa kami tidak perlu memikirkan masalah biaya alias gratis. Dan akhirnya mulai hari Senin kemarin, istri dan anak-anak saya beserta satu keluarga Indonesia lainnya belajar bahasa Jepang dari sang Sensei sekali seminggu. Semoga dalam waktu yang terlalu lama kami sudah bisa ber” arigato gozaimasu “ ria di dalam keluarga.

Satu Tanggapan to “VOLUNTER BAHASA JEPANG YANG BAIK”

  1. Assalamua’alaikum Pak Yardi Semoga Bapak dan keluarga selalu diberi nikmat kesehatan.

    Masih tidak mengerti Pak, motif yang mendasari mereka mau bersukarela mengajar tanpa dibayar satu yen pun. Menurut Bapak?

Tinggalkan Balasan

